INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS JENIS TUNARUNGU DALAM PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA KELAS XI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI JEMBER
Kata Kunci:
Interaksi Sosial, Pembelajaran Daring, Pembelajaran CampuranAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, pola interaksi sosial guru dan siswa berkebutuhan khusus tunarungu dalam pembelajaran di tengah pandemi Covid-19, mengetahui masalah atau kendala yang dihadapi guru dan siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran di tengah pandemi Covid-19, dan mengetahui solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada proses interaksi sosial guru dan siswa berkebutuhan khusus tunarungu dalam pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 di kelas XI pada Sekolah Luar Biasa Negeri Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan dalam pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 sebagian besar guru di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember menerapkan pembelajaran daring dengan pola interaksi satu arah yakni individu dengan individu, walau demikian guru tetap menerapkan pola interaksi individu dengan kelompok meski dalam pelaksanaannya tidak berjalan optimal. Point kedua ketidaksiapan guru dan peserta didik dalam melakukan aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara daring ditengah pandemi Covid-19, serta kurangnya sarana dan prasarana penunjang dalam pembelajaran daring seperti kepemilikan handphone, kuota internet, serta terkendala signal yang menyebabkan aktivitas pembelajaran tidak optimal. Point ketiga penerapkan metode pembelajaran campuran atau blended learning guna mengatasi permasalahan yang terjadi pada kegiatan pembelajaran daring. Dengan menggabungkan dua metode pembelajaran sekaligus seperti luring dan daring. dalam penerapannya terbukti bahwa metode pembelajaran campuran ini efektif dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran daring pada kelas XI tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember.
Referensi
Aji, Rizqon Halal Syah. 2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i Vol. 7, No. 5 2020.
Andriani, Vivik. 2016. Strategi Pembinaan Anak Tuna Rungu Dalam Pengembangan Interaksi Sosial (Studi Kasus di SLB Negeri Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai). Skripsi Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar.
Awalia, Hikmah Rizqi. 2016. Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi Universitas Negeri Surabaya.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2020. Hasil Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Jember. Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. Tersedia Pada https://jemberkab.bps.go.id/pressrelease/2021/01/25/199/hasil-sensus-penduduk-2020-kabupaten-jember.html.
Dewi, Wahyu Aji Fatma.2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2, No. 1 2020.
Dewi, Sri Anita. 2019. Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah Kota Pekanbaru. Tesis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hanafi. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, Vol. 17, No. 1 2014.
Hasibuan, Lyada. 2020. Bapak-Ibu, Sekolah Disarankan Tutup Sampai Desember 2020. CNBC Indonesia 31 Maret 2020. Tersedia Pada https://www.cnbcindonesia.com/news/20200531154316-4-16222/bapak-ibu-sekolah-disarankan-tutup-sampai-desember-2020
Insani, Rena Khlifah. 2020. Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khsus (ABK) di MIN 6 Ponorogo. Skripsi Institut Agama Islam Negeri IAIN Ponorogo.
Jawapost.com. 2020. Pandemi Ciptakan Badai Pengangguran. Tersedia Pada https://www.google.com/amp/s/www.jawapos.com/ekonomi/31/12/2020/pandemi-ciptakan-badai-pengangguran/%3famp
Kemendikbud RI. 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Surat Edaran Kemendikbud RI No. 4 Tahun 2020.
L, Idrus. 2019. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 9, No. 2 2019.
Maesaroh, Siti. 2013. Peran Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan Vol. 1, No. 1 2013.
Bramasta, Dandi Bayu. 2021. Update Corona 7 April: 10 Negara dengan Kasus Tertinggi / WHO Tak Dukung Paspor Vaksin Covid-19 untuk Syarat Perjalanan. Kompas.com 7 April 2021. Tersedia Pada https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/07/073600465/update-corona-7-april--10-negara-dengan-kasus-tertinggi-who-tak-dukung
Milles dan Hubberman. 1992. Teknik Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. Jurnal Auladuna Vol. , No. 2 2015.
Muslim, Asrul. 2013. Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam, Vol. 1, No. 3 2013.
Muntaz, Amiroh. 2015. Proses Adaptasi Sosial Siswa Disabilitas Dengan Siswa Nondisabilitas di Sekolah Inklusi. Skripsi Universitas Negeri Jember.
Pane, Aprida dan Muhammad Darwis Dasopang. Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 3, No. 2 2017
Pemerintah Kabupaten Jember. 2022. Geografi dan Topografi. Jemberkab.go.id Tersedia pada https://www.jemberkab.go.id/selayang-pandang/geografis-dan-topografi/.
Permatasary, Nur Rachman. 2015. Interaksi Sosial Penari Bujangganong pada Sale Creative Community di Desa Sale Kabupaten Rembang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Prihatini, Effiyati. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif Vol. 7, No. 2 2017.
Putri, Ririn Novianty. 2020. Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 2 No 2, Tahun 2020.
Rosidah. 2019. Strategi Pembelajaran Dalam Menanamkan Sikap Sosial Siswa di Kelas MIN 2 Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Saihu. 2019. Komunikasi Pendidikan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Khusus Asy-Shyfa Larangan. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 3 2019.
Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Solicha, Isnainia. 2019. Interaksi Sosial Anak Tunarungu dalam Sekolah Uum di TK Syafina Sidotopo Wetan Surabaya. Child Education Journal, Vol. 1, No. 2 2019.
Solikhatun, Yanuar Umi. 2013. Penyesuaian Sosial Pada Penyandang Tunarungu di SLB Negeri Semarang. Educational Psychology Journal Vol. 2, No. 1 2013.
Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan Vol. 2, No. 2 2014.
Widiara, I Ketut. 2018. Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. PURWADITA Vol. 2, No. 2 2018.