Hubungan Antara Pemeriksaan Dahak dengan Kelainan Radiologis pada Penderita TBC Kronis

Authors

  • Gusti Ayu Sri Manik Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijacr.v3i1.43131

Keywords:

Dahak, Basil Tahan Asam, Kelainan Radiologis, TBC Kronis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) hubungan antara pemeriksaan dahak dengan kelainan radiologis pasien yang didiagnosis menderita TBC kronis, dan (2) persentase pasien patologi klinik BRSU Tabanan yang positif TBC kronis. Subjek penelitian ini adalah dahak pasien yang dicurigai menderita penyakit TBC paru dan kelainan radiologis paru, sedangkan objek penelitian ini adalah basil tahan asam (BTA), kondisi anatomi paru dan persentase pasien positif TBC paru yang memeriksakan dahaknya di laboratorium patologi klinik BRSUD TabananĀ  mulai tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2009. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan dahak, pembuatan dan penyimpanan sediaan hapus dahak, pewarnaan serta pembacaan sediaan. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan (1) hubungan antara pemeriksaan dahak dengan kelainan radiologis paru pada penderita TBC kronis adalah derajat kepositifan sputum BTA akan lebih besar pada paru dengan kelainan yang lebih besar atau lebih luas. (2) dari 25 suspek TBC yang memeriksakan dahaknya ke Rumah Sakit Umum Tabanan mulai tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2009 yang positif menderita TBC kronis adalah 14 orang (56%).

Author Biography

Gusti Ayu Sri Manik, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Analis Kimia

References

Ade. 2007. PenanggulanganTBCakandiPERDAkan. http://www. koalisi. org/detail. Php?m=4& sm=14&id=432 (11 September 2008).

Anonim. 2000. Program Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Anonim. 2002. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Cetakan ke-8. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Anonim. 2006. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Cetakan Pertama. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Anonim. 2007. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Cetakan Pertama. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dewi, K. 2005. Pemeriksaan Basil Tahan Asam Untuk Membantu Menegakkan Diagnosis Penyakit Tuberkulosis (Tugas akhir). Singaraja: IKIP Negeri Singaraja (tidak diterbitkan).

Misnadiarly. 2006. Mengenal, Mencegah, Menanggulangi TBC Paru, Ekstra Paru, Anak, dan pada Kehamilan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Nadesul. Handrawan, dr. 1995. Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan TBC. Jakarta: Puspa swara.

Sembirang, Hilaluddin. 2005. Hubungan Pemeriksaan Dahak Dengan Kelainan Radiologis Pada Penderita TBC Dewasa. Sumatra Utara: Bagian Paru Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara.

Published

2022-01-03

How to Cite

Manik, G. A. S. (2022). Hubungan Antara Pemeriksaan Dahak dengan Kelainan Radiologis pada Penderita TBC Kronis. International Journal of Applied Chemistry Research, 3(1). https://doi.org/10.23887/ijacr.v3i1.43131

Issue

Section

Articles