Analisis Kadar Vitamin C yang Disimpan dalam Botol dengan Warna Berbeda

Authors

  • Made Kusmawati Program Studi Analis Kimia, Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh warna botol penyimpanan terhadap kadar vitamin C,(2) mengetahui warna botol yang paling baik mempertahankan kadar vitamin C.

Subjek penelitian ini adalah larutan vitamin C yang disimpan dengan warna botol berbeda dan objek penelitian ini adalah kadar vitamin C yang disimpan dengan warna botol berbeda. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 9 buah dan volume larutan vitamin C untuk masing- masing sampel adalah 25 mL. Tiga buah sampel masing-masing disimpan dalam botol bening, hijau tua dan cokelat tua. Kesembilan buah sampel disimpan pada suhu kamar dan diletakkan pada tempat yang sama selama tujuh hari. Kadar vitamin C ditentukan dengan metode Jacobs.

Hasil penelitian menunjukkan warna botol penyimpan larutan vitamin C memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap kadar vitamin C. Dalam hal ini, botol cokelat tua mempertahankan persentase kadar vitamin C tertinggi dibandingkan dengan botol hijau tua dan botol bening.

 

 

 

Author Biography

Made Kusmawati, Program Studi Analis Kimia, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

Published

2023-05-01

How to Cite

Kusmawati, M. (2023). Analisis Kadar Vitamin C yang Disimpan dalam Botol dengan Warna Berbeda. International Journal of Applied Chemistry Research, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJACR/article/view/61040

Issue

Section

Articles