Wordwall Media to Enrich English Vocabulary of 4th Grade Students

Authors

  • Kadek Pebi Kusuma Ningsih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • G. A. P. Suprianti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijll.v7i4.81883

Keywords:

Vocabulary, Wordwall Media, Teaching, Primary School

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar kosa kata bahasa Inggris serta keterbatasan media pembelajaran yang digunakan guru. Siswa cenderung cepat bosan dalam proses pembelajaran yang mengandalkan buku teks tanpa adanya tambahan media interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis Wordwall yang mendukung buku My Next Words untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris pada siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4, dengan uji coba dilakukan pada 5 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner dengan instrumen lembar observasi dan angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif, hasil pengembangan media menunjukkan bahwa media Wordwall mencapai nilai validitas sebesar 91% hingga 94,5% berdasarkan evaluasi ahli. Secara kualitatif, media ini dinilai sangat baik oleh siswa dan guru. Kesimpulannya, penggunaan media Wordwall berhasil meningkatkan motivasi dan penguasaan kosa kata siswa sesuai dengan tujuan penelitian. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi interaktif seperti Wordwall dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar.

References

Abidin, D., Retnaningrum, E., Parinussa, J. D., Kuning, D. S., Manoppo, Y., & Kartika, I. M. (2023). Curriculum Development in Indonesia from a Historical Perspective. Journal of Education Research, 4(2 SE-Articles), 443–451. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/175.

Ananda, A. P., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1192.

Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2020). Pengembangan Buku Ajar dengan Model Addie pada Mata Kuliah Manajemen Teknologi Pendidikan. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 247–258. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1550.

Caron, J., & Markusen, J. R. (2024). Gamification: Enhancing Gamification Based On Pbl To Increase Learner’s Active Participation. Journal of Teaching in Elementary Education, 8(1), 1–23. https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i1.7059.

Cholis, A. N., Ningsih, M. L. W., & Syifaussakinah, A. K. A. Z. (2020). Media Berbasis Powerpoint Untuk Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Bagi Pemula Dalam. Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (KONASBARA) 2020, 12(6), 365–377. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/724.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.

Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000.

Dimyati, E., Huda, P. A., Wangi, K. P., Text, D., & Book, D. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Digital Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Vocabulary Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 102–111. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/1317.

Erdiana, A., & Winarni, S. (2024). Penerapan Gamifikasi Menggunakan Media Wordwall dalam Pembelajaran Kaidah Kebahasaan Teks Biografi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 715–724. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4226.

H.I.A, P. (2023). Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/156.

Hardeliska, T. Y., & Landong, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Gamifikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Pada Tema Benda Hewan dan Tanaman Kelas 1 SD Negeri 101911 Sidodadi Batu 8 Deli Serdang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 879–886. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4343.

Imani, S. T., Qur’aini, Y., & Amaniyah, F. (2024). Efektivitas Game Speeling Bee Dan Puzzle Games Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa-Kata. Jurnal Multidisplin Ilmu Akademik, 1(4), 18–28. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1869.

Imtisyal Ammatulloh, M., Permana, N., Firmansya, R., Nur Sha’adah, L., Ihsani Izzatunnis, Z., & Iman Muthaqin, D. (2021). Civics Caring Apps: Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1408–1419. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.266.

Jannah, M., Masnawati, E., Sunan, U., & Surabaya, G. (2024). Penerapan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(4). https://doi.org//10.54066/jupendis.v2i4.2241.

Kurnia, T., & Aprison, W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Volume, 5(5), 42–47. https://ojs.co.id/1/index.php/jlpi/article/view/1097.

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178.

Mardali, J., & Siyyari, M. (2019). English teachers’ beliefs and practices in teaching vocabulary: The case of teaching experience. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1686812.

Maryam, R., Fatonah, U., & Muhyidin. (2024). Studi Literatur : Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Edukha, 5(1). https://doi.org//10.32832/edukha.v5i1.17092.

Mojokerto, C. (2024). Strategi meningkatkan kosakata bahasa inggris anak usia pra sekolah melalui metode bernyanyi di kb permata bunda cembor - mojokerto. Jurnal Tambuleng Pendidikan Seni Drama, Tari, Dan Musik, 5, 60–77. https://doi.org/10.1234/jt.v5i1.14383.

Novaria, R., Pakpahan, E. M., Setiawati, I., Chusna, P. A., & Deiniatur, M. (2024). Duolingo Sebagai Alat Pedagogis Digital: Mendorong Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Smk. Communnity Development Journal, 5(1), 1779–1784. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25558.

Nurhamida, & Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Muatan PKN pada Materi Hak dan Kewajiban Terhadap Tumbuhan Kelas 4 di SDN 16 Gunung Tuleh Pasaman Barat Sumatera Barat. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1249–1255. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/55733.

Oktavia, D., Habibah, N., Balti, L., & Kurniawan, R. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar: Need Ansalisis Study. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 257–265. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1260.

Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737.

Pangestu, F. G., Hendriawan, D., & Arzaqi, R. N. (2024). Pengembangan Aplikasi Mengenal Hewan Ternak untuk Stimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(2), 517–528. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.688.

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037.

Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901.

Safitri, D., Alida, A., Nurafifah, T. S., & Aeni, A. N. (2022). Pokedis (Podcast Leadership in Islam) As Education Media About Leadership in Islam for Students. Al-Risalah, 13(2), 307–324. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v13i2.1880.

Salsa Fadia Hayya, A., & Widyasari, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 160–165. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p160-165.

Shaquille, T. A. F., & Parga Zen, B. (2023). Pengembangan Media Adobe Animate Pembelajaran Multimedia Interaktif Bahasa Inggris dengan Model Addie. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(2), 252–265. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.1382.

Tanjung, R., Supandi, & Moch Toyyib, A. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri Pasirkaliki Ii Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299.

Wahjusaputri, S., Zulviana, D., Putri Apriliana, L., Handayani, E., & Rohman Hakim, A. (2023). Metode Phonics Menggunakan Aplikasi Oxford Phonics World dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.266.

Zahra, N., Damanik, S., Nasution, S., Islam, U., & Sumatra, N. (2024). Model Pembelajaran Tebak Kata Untuk Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Siswa MAN Pematang Siantar. Journal Islamic Pedagogia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.117.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Kadek Pebi Kusuma Ningsih, & G. A. P. Suprianti. (2023). Wordwall Media to Enrich English Vocabulary of 4th Grade Students. International Journal of Language and Literature, 7(4), 208–215. https://doi.org/10.23887/ijll.v7i4.81883