PEMANFAATAN TANAH PERKEBUNAN SEBAGAI BENTUK BUDIDAYA TANAMAN PEPAYA CALIFORNIA DI DESA MALAKA KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Junaidin Junaidin, Arif Arif, Gufran Gufran

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru warga masyarakat Desa Malaka dan pemuda berupa penambahan wawasan tentang bagaimana proses penelitian Budidaya Tanaman Pepaya California sebagai Bentuk Pemanfaatan Tanah Perkebunan. Pepaya California adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Tanaman ini kemudian menyebar ke Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. Solusi yang ditawarkan setelah mengikuti kegiatan penelitian Budidaya Tanaman Pepaya California sebagai Bentuk Pemanfaatan Tanah Perkebunan diharapkan kepada masyarakat Desa Malaka yang menjadi subjek penelitian: masyarakat Mengerti dan memahami arti pentingnya penelitian Budidaya Tanaman Pepaya California sebagai Bentuk Pemanfaatan Tanah Perkebunan. Menumbuhkan sikap tanggung jawaban disiplin diri. emperoleh bekal keterampilan dan pengetahuan dasar tentang penelitian Budidaya Tanaman Pepaya California sebagai Bentuk Pemanfaatan Tanah Perkebunan. Meningkatkan ilmu pengetahuan dan penelitian sehingga menciptakan peluang usaha. Menciptakan prodak yang berkualitas. Adapun hasil dari pengabdian ini: Kegiatan-kegiatan pengabdian pada masyarakat menjadi garda terdepan dalam mendekatkan Universitas/Perguruan Tinggi, sehingga masyarakat tidak hanya menatap Perguruan Tinggi sebagai sebuah Lembaga Pendidikan yang besar dengan kemampuan mencetak para sarjan, namun juga dapat berkontribusi langsung para masyarakat. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Pepaya California sebagai Bentuk Pemanfaatan Tanah Perkebunan  Tahun 2017, berupa penambahan wawasan, perolehan pengalaman pengembangan, minat, bakat dan pengetahuan tentang penyusunan RTRW Desa. Bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Pepaya California sebagai Bentuk Pemanfaatan Tanah Perkebunan Tahun 2017 sangat terbantu, baik dari sisi pengetahuan dasar juga dengan pemahaman Bagaimanakah Budidaya Tanaman Pepaya California yang baik dan sukses.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v1i1.12435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Natural Science and Engineering indexed by:

  Akreditasi SINTA 5 Crossref    




Creative Commons License

International Journal of Natural Science and Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.