ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR (PEMP) DI DUSUN TAMAN DESA TAMAN AYU KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Junaidin Junaidin, Hj. Mas’ad Mas’ad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi serta perkembangan yang terjadi atas pelaksanaan kebijakan pelaksanaan program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) di Dusun Taman Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2015. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar, foto dan sebagainya. Sedangkan analisis data menggunakan metode model alir (flow model) yang meliputi tahap: (a) reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap fokus permasalahan dalam penelitian ini, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: (a) Pelaksanaan kebijakan PEMP  dalam pemberdayaan masyarakat miskin di Kecamatan Gerung terdiri dari empat tahap, antara lain yaitu tahap persiapan; tahap pelaksanaan; tahap pengendalian; dan tahap pelestarian. Pemanfaatan dana bantuan telah sesuai dengan tiga komponen kegiatan yang menjadi sasaran tujuan program PEMP, yaitu ekonomi produktif; pelatihan dan pembangunan sarana dan prasarana dasar lingkungan. Namun masih ada sejumlah anggota KSM yang memanfaatkan bantuan tersebut untuk kegiatan konsumtif. Pembentukan BKM dan KSM dilaksanakan secara demokratis, transparansi, dan jujur, karena kedua lembaga lokal inilah yang berinteraksi dalam pelaksanaan PEMP.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v1i1.12436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Natural Science and Engineering indexed by:

  Akreditasi SINTA 5 Crossref    




Creative Commons License

International Journal of Natural Science and Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.