Analisis Sistem Jaringan Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Madani Pontianak

Authors

  • Isnania Lestari Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP PGRI Pontianak
  • Ryan Permana Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i3.17188

Abstract

Pentingnya membangun sebuah jaringan komputer antara lain supaya lebih mudah, cepat dan efisien dalam sharing data, berkomunikasi antar pengguna dalam sebuah jaringan, dan juga kemanan data dapat terjaga dengan baik. Di SMK Al-Madani Pontianak telah terdapat laboratorium komputer, namun belum memiliki jaringan komputer yang terintegrasi, baik jaringan dalam laboratorium komputer tersebut maupun ruangan kepala sekolah, ruangan guru, dan ruangan tata usaha. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis deskriptif. Dengan teknik pengumpulan dan penyusunan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, SMK Al-Madani membutuhkan sebuah sistem jaringan komputer yang terintegrasi. Untuk sistem jaringan di dalam laboratorium komputer dibutuhkan 30 unit komputer siswa dan 1 unit komputer guru, dan dihubungkan dengan kabel. Sedangkan untuk jaringan ruangan kepala sekolah, ruangan guru, dan ruangan tata usaha dibutuhkan jaringan wireless. Komponen wireless digunakan kepala sekolah, guru, dan staff untuk mengakses jaringan komputer melalui laptop pribadi. IP Address yang digunakan dalam system jaringan ini adalah menggunakan IP dynamic

References

Anjik Sukmaaji & Rianto. 2008. “Jaringan Komputer Konsep Dasar Pengembangan Jaringan & Keamanan Jaringan”.Yogyakarta: Andi.

Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Alexander Pandu Baskoro. 2011. “Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer Studi Kasus: Inna Garuda Yogyakarta”. Tugas AkhirProram Studi Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Basrowi & Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jogiyanto. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Tersruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Singarimbun, Masir, dan Efendi S. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.

Stalling, William. 2007. “Komunikasi & Jaringan Nirkabel”. Jakarta: Erlangga.

Soeratno, 1995. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: UUP AMP YKPN.

Meylan Anggara, Yesi Novaria Kunang. (2013). “Analisis dan Arsitektur Desain Jaringan Komputer SMA Negeri 1 Muara Enim”. Tugas Akhir Jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Darma, Palembang.

Muhammad Nur Ikhsanto, Handoyo Widi Nugroho. (2015). “Analisa Performa dan Desain Jaringan Kompute Menggunakan Top – Down Network Desain Studi Kasus pada CV. Merah Putih”. Jurnal TIM Darmajaya Vol.01 no 01. Mei 2015. ISSN: 2442 – 5567.

Riyanto, Umi Fadlilah, Muhammad Kusban. (2013). “Analisis dan Perancangan Kemanan Jaringan Kabel dan Nirkabel pada Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Karawang”. Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Tanenbaum, Andrew.S. (1997). “Jaringan Komputer”. Jilid 1. Prenhallindo. Jakarta

Tittel, Ed. 2002. “Schaum’s Outlines Computer Networking”. Jakarta: Erlangga.

Williams, Brian.K. (2003). “Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications”. McGrawHilll.NY

Winarno Sugeng. 2010. “Jaringan Komputer dengan TCP/IP”. Bandung: Modula.

Winarno Sugeng, Indah Septiem Mery. (2012). “Analisis Jaringan Komputer Dinas Komunikasi dan Informatika”. Jurnal Informatika No. 1, Vol 3, Januari – April 2012.

Downloads

Published

2019-03-26

How to Cite

Lestari, I., & Permana, R. (2019). Analisis Sistem Jaringan Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Madani Pontianak. International Journal of Natural Science and Engineering, 2(3), 99–102. https://doi.org/10.23887/ijnse.v2i3.17188

Issue

Section

Articles