Proteksi Keamanan Jaringan Komputer di Sekolah Menengah Kejuran Al-Madani Pontianak

Authors

  • Ryan Permana IKIP PGRI PONTIANAK, Program studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
  • Dochi Ramadhani IKIP PGRI PONTIANAK, Program studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
  • Isnania Lestari IKIP PGRI PONTIANAK, Program studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i1.22175

Abstract

Jaringan komputer berkembang sangatlah pesat. Akses terhadap jaringan komputer terutama internet merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Saat ini, internet tidak hanya digunakan oleh individu, tetapi oleh instansi, organisasi, perguruan tinggi ataupun lembaga pemerintah atau non pemerintah. Karna kebutuhan akses jaringan komputer yang tinggi, maka dibutuhkan keamanan jaringan yang memadai. Keamanan jaringan komputer adalah proses untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer. tujuannya adalah untuk mengantisipasi ancaman baik fisik maupun logik yang dapat menganggu aktifitas atau data yang ada dalam sistem yang terdapat dalam jaringan komputer. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan dan penyusunan data dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, ruangan kepala sekolah dan staff tata usaha di SMK AL-Madani Pontianak telah memiliki jaringan komputer. proteksi keamanan jaringan komputer yang trdapat dalam ruangan tersebut menggunakan antivirus. Selain itu terdapat mikrotik yang digunakan untuk memblok dan juga membatasi beberapa situs yang diatur dan dikendalikan sesuai pihak sekolah.

References

Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Alexander Pandu Baskoro. (2011). “Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer Studi Kasus: Inna Garuda Yogyakarta”. Tugs AkhirProram Studi Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Basrowi & Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.

Budi, R. (1999). “Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet”. PT. Insan Komunikasi Indonesia. Bandung.

David, I. (1997). “An Analysis Of Security Incidents On The Internet 1989-1995” Enginering and Public Policy, Carnegia Mellon University. Tesis.

Fadlil., A, Riadi, I, dan Aji, S. (2017). “Pengambangan Sistem Pengaman Jaringan KOmputer Berdasarkan Analisis Forensik Jaringan”. Jurnal Ilmu Teknik Elektro KOmputer dan Informatikan. Vol. 3. No. 1.

Meylan Anggara, Yesi Novaria Kunang. (2013). “Analisis dan Arsitektur Desain Jaringan Komputer SMA Negeri 1 Muara Enim”. Tugas Akhir Jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Darma, Palembang.

Muhammad Nur Ikhsanto, Handoyo Widi Nugroho. (2015). “Analisa Performa dan Desain Jaringan Kompute Menggunakan Top – Down Network Desain Studi Kasus pada CV. Merah Putih”. Jurnal TIM Darmajaya Vol.01 no 01. Mei 2015. ISSN: 2442 – 5567.

Randy M, dkk. (2015). Perancangan dan Analisis Keamanan Jaringan Nirkabel Menggunakan Wireless Instruction Detection System. E-journal Teknik Elektro dan Komputer Vol.5. No.7. ISSN.2301-8402.

Riyanto, Umi Fadlilah, Muhammad Kusban. (2013). “Analisis dan Perancangan Kemanan Jaringan Kabel dan Nirkabel pada Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Karawang”. Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Singarimbun, Masir, dan Efendi S. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.

Soeratno, 1995. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: UUP AMP YKPN

Tanenbaum, Andrew.S. (1997). “Jaringan Komputer”. Jilid 1. Prenhallindo. Jakarta

Williams, Brian.K. (2003). “Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications”. McGrawHilll.NY.

Winarno Sugeng, Indah Septiem Mery. (2012). “Analisis Jaringan Komputer Dinas Komunikasi dan Informatika”. Jurnal Informatika No. 1, Vol 3, Januari – April 2012.

Downloads

How to Cite

Permana, R., Ramadhani, D., & Lestari, I. (2019). Proteksi Keamanan Jaringan Komputer di Sekolah Menengah Kejuran Al-Madani Pontianak. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i1.22175

Issue

Section

Articles