Pengembangan Aplikasi Penilaian dan Rapor Terpadu Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i2.28865Abstract
Guru kurang menguasai aplikasi penilaian siswa yang dapat diakses melalui komputer sehingga menyebabkan guru kesulitan dalam melakukan proses penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi penilaian dan rapot terpadu kurikulum 2013 untuk sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam mengembangkan media adalah model waterfall yang terdiri dari lima tahapan yaitu Requirements definitions, system and software design, implementation and unit testing, intergration and system testing, operation and maintenance. Teknik yang digunakan dalam mengumpulan data yaitu teknik wawancara, teknik observasi ataupun teknik angket/kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil review ahli media pembelajaran mendapat nilai rata-rata 93.7, ahli isi materi mendapat nilai rata-rata 87.4, dan uji respon pengguna mendapat nilai rata-rata. Penilaian tersebut masuk kedalam katagori baik sehingga aplikasi Rapor Berbasis WEB dan Mobile layak diterapkan sebagai aplikasi rapor untuk menunjang efektfitas dan efisiensi belajar mengajar. Aplikasi Rapor Berbasis WEB dan Mobile mempermudah guru dalam proses penilaian siswa.
References
Hasanah, Nurjaya, & Astika. (2017). Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Teks Ulasan Film/Drama dalam Pembelajaran Teks Ulasan Film/Drama di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.11579
Khairil, & Ginta. (2012). Implementasi Pengamanan Database Menggunakan MD5. Jurnal Media Infotama, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jmi.v8i1.70.
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123 DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.
Nasihin, S. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 di MTs Yaqin 1 Kwang Rundun Kecamatan Jerowaru (Masalah dan Solusinya). Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 56–86. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v4i1.8. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v4i1.8
Noviar, D. (2016). Pengembangan Ensiklopedi Biologi Mobile Berbasis Android Materi Pokok Pteridophyta Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, 35(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8255/pdf. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8255
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530 DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Oviana, W. (2015). Kemampuan Mahasiswa Mengintegrasikan Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 (Kajian teoritis). Pionir Jurnal Pendidikan, 4(2). Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/183/164%0A
Rahmawati, A. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114–123. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227
Sahelatua, Vitoria, & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT Dalam Pembelajaran Di Sdn 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/8579.
Sari, & Muhartini. (2017). Sistem Aplikasi Pengolahan Nilai Raport SDN Tanjung Anom 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35457/antivirus.v11i1.199. DOI: https://doi.org/10.30957/antivirus.v11i1.199
Soewarno, Hasmiana, & Faiza. (2016). Kendala-Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 1(1). Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7530%0A
Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275 DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 334–346. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/7340/pdf. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56 DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152 DOI: https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Wuryandani, Sapriya, & Budimansyah. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286–295. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2168/pdf. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168