Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Kehadiran Dosen Secara Realtime Berbasis Web

Authors

  • Gede Aditra Pradnyana Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuran, Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A. Gede Raka Wahyu Brahma Program Studi Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i1.29036

Abstract

Dalam kegiatan proses perkuliahan di institusi pendidikan tidak akan terlepas dari interaksi antara dosen dan mahasiswa. Dalam berinteraksi, informasi kehadiran dosen di kampus saat ini sangat diperlukan. Selain bermanfaat bagi mahasiswa, informasi kehadiran dosen juga sangat diperlukan dalam evaluasi kinerja dosen oleh bagian akademik atau bagian yang terkait lainnya. Saat ini proses absensi dosen yang baru diterapkan di STMIK STIKOM Indonesia dilakukan dengan menggunakan mesin absensi sidik jari yang terdapat di masing-masing ruang dosen. Laporan kehadiran dosen yang dihasilkan oleh mesin selanjutnya di rekapitulasi oleh pihak akademik untuk dijadikan bahan evaluasi dosen. Permasalahan yang terjadi adalah kerap mahasiswa sulit memperoleh informasi kehadiran dosen di kampus. Mahasiswa yang ingin bertemu dengan seorang dosen kerap harus ke kampus dengan percuma karena dosen yang dicari tidak ada di tempat. Dari sisi dosen, sering terjadi masalah dimana dosen lupa apakah dirinya sudah melakukan absensi pada mesin sidik jari atau belum. Dosen juga kerap mengalami kesusahan dalam memberikan informasi jika terlambat karena suatu kendala ataupun tidak dapat hadir di kampus. Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem informasi kehadiran dosen di STMIK STIKOM Indonesia. Sistem informasi kehadiran dosen merupakan sistem yang mampu memberikan informasi yang cepat dan tepat mengenai kehadiran seorang dosen di kampus. Dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa sistem informasi kehadiran dosen yang dibangun telah mampu berjalan sesuai dengan rancangan dan yang diharapkan.

Kata Kunci: dosen, informasi, kehadiran, sistem

References

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hall, James, 2001. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Hartono, Jogiyanto, 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Laudon, Kenneth C. dan Loudon, Jane P, 2005. Sistem Informasi Manajemen, Mengelola Perusahaan Digital, Edisi 8. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Limbong, Tonni. 2012. Perancangan Sistem Informasi Kehadiran Mengajar Dosen. Pelita Informatika Budi Darma, Vol 1.

Mulyasa, E., 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung:Remaja Rodaskarya.

O’Brien, James A, 2005. Pengantar Sistem Informasi, Edisi Kedua Belas. Jakarta : Salemba Empat.

Simarmata, Janner. dan Paryudi, Iman. 2010. Basis Data. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Downloads

Published

2020-10-04

How to Cite

Pradnyana, G. A., & Brahma, A. G. R. W. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Kehadiran Dosen Secara Realtime Berbasis Web. International Journal of Natural Science and Engineering, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i1.29036

Issue

Section

Articles