Analisis dan Redesign User Interface Website Ujian Sekolah SMK Nusa Dua Menggunakan Metode Design Sprint
Keywords:
Design Sprint, User Interface, Prototype, Ujian OnlineAbstract
Website Ujian Online SMK Nusa Dua adalah website yang digunakan untuk melaksakan ujian sekolah seperti Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester, dan ujian lainnya. Website ini dikembangkan secara mandiri oleh SMK Nusa Dua. Semenjak pengembangan awal pada tahun 2015 sampai tahun 2024, website hanya mendapatkan perubahan minor. Pelajar sebagai pengguna yang paling berdampak langsung, yang dimana Website Ujian Online SMK Nusa Dua tidak mobile friendly. Berdasarkan pengalaman tersebut Website Ujian Online SMK Nusa Dua perlu melakukan perancangan ulang dibagian antarmuka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Sprint, ada 6 tahapan yang harus dilakukan seperti: Understand, Define, Sketch, Decide, Prototype, Validate. Penelitian ini akan menghasilkan Prototype Website Ujian Online SMK Nusa Dua. Penelitian ini berbanding lurus dalam hasil pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang mendapatkan skor 81 yang termasuk kategori Acceptable.
References
Aditya Raka Pradana, & Moh. Idris, S. K. M. K. (2021). Implementasi User Experiencepada Perancangan User InterfaceMobile E-learningdengan Pendekatan Design Thinking. Universitas Islam Indonesia, 2(2).
Alvian Kosim, M., Restu Aji, S., & Darwis, M. (2022). PENGUJIAN USABILITY APLIKASI PEDULILINDUNGI DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). ISSN 2684-8260, 4.
Bagus Made Sabda Nirmala. (2019). METODE SPRINT DESIGN PADA PERANCANGAN APLIKASI MOBILE BOOKING ONLINE FASTBOAT DI BALI.
Fadilah Candra Wardana, & I Gusti Lanang Putra Eka Prismana. (2022). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. Universitas Negeri Surabaya, 3(4).
Firdausi, F. A. (2021). ANALISA DAN DESAIN KEMBALI UI/UX APLIKASI MARKETPLACE UMKM DIGIDESA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI” UNIVERSITAS “ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF” KASIM RIAU PEKANBARU.
Heimgärtner, R. (2019). Intercultural User Interface Design. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-17427-9
Himawan, H., & Yanu F, M. (2020). Interface USER EXPERIENCE. In 978-623-7594-550 (Vol. 1, p. 5). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Indah Rahmayani. (2015, October 20). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI.
Kemendikbud. (2022, August 4). Manfaat dan Tantangan UNBK. Kemendikbud. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/manfaat-dan-tantangan-unbk
Nelianli Yan Jaya, M. Agustian Reyza Novris, & Junadhi. (2022). Penerapan Metode Design Sprint Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Pengingat Sarapan. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2). https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.892
Newzoo. (2023, March 28). Top Countries/Markets by Smartphone Users. Newzoo International B.V.
Nur Rohman Ashshiddiqy, Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa, Bagus Putu Wahyu Nirmala, & A.A Istri Ita Paramitha. (2021). Perancangan Mobile Application untuk Startup montirkeliling.com dengan Metode Design Sprint. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Primakara Denpasar, 10(3).
Speedtest Global Index. (2023, May 28). Median Country Speeds April 2023. SPEEDTEST.
Sutanto, R. P. (2022). Design Sprint dalam Kuliah: Eksplorasi Metode Pembelajaran Baru pada Mata Kuliah Design Thinking. Nirmana, 21(1), 8–16. https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.8-16
Usability Engineering. (2010). Carnegie Mellon University. http://www.cs.cmu.edu/~cprose/LTI-6-UsabilityTesting.pdf
Wendy Andriyan, Sarwan Septiawan, & Annisa Aulya. (2022). PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PENINGKATAN CITRA PADA SMK DEWI SARTIKA TANGERANG. Universitas Raharja, 8(2).