Pengaruh Skeptisisme Profesional, Independensi Auditor dan Pelatihan Audit Kecurangan terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan

Authors

  • Linda Indrawati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dwi Cahyono Universitas Muhammadiyah Jember
  • Astrid Maharani Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21496

Keywords:

Skeptisisme Profesional, Independensi Auditor, Pelatihan Audit Fraud dan Kemampuan Auditor untuk Mendeteksi Fraud.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh skeptisisme profesional, independensi auditor dan pelatihan kecurangan penipuan terhadap kemampuan auditor untuk mendeteksi kecurangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan metode yang digunakan Purposive Sampling yang berarti teknik pengambilan sampel didasarkan pada kriteria tertentu seperti: (1) Auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Malang (2) Auditor yang memiliki periode kerja minimum 1 tahun Perhitungan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil perhitungan 51 responden. Data yang diolah adalah data primer melalui survei dengan menyebarkan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan Perangkat Lunak SPSS 22, data diolah menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel skeptisisme profesional memengaruhi kemampuan auditor untuk mendeteksi kecurangan, independensi auditor mempengaruhi kemampuan auditor untuk mendeteksi kecurangan, dan pelatihan audit kecurangan tidak memengaruhi kemampuan auditor untuk mendeteksi kecurangan. Skeptisisme profesional secara bersamaan, independensi auditor dan pelatihan audit curang mempengaruhi kemampuan auditor untuk mendeteksi kecurangan.

References

Adnyani, N., Atmadja, A. T., & Herawati, N. T., 2014. Pengaruh Skeptisme Profesional Auditor, Independensi, dan Pengalaman Auditor terhadap Tanggungjawab Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan dan Kekeliruan Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Wilayah Bali. Jurnal Undiksha.

Agoes, S. 2017. Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Buku 1 Edisi 5, Jakarta : Salemba Empat.

Anggriawan, E., F. 2014. Pengaruh Pengalaman Kerja, Skeptisme Profesional dan Tekanan Waktu terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di DIY). Universitas Negeri Yogyakarta.

Arens, A. & Loebbecke, J.K., 2003. Auditing Pendekatan Terpadu, buku 1 edisi 8, (Alih bahasa, Jusuf, A. A.) Jakarta : Salemba Empat.

Arens, Alvin A., Randal J. Elder & Mark S. Beasley. 2013. Auditing and Assurance Service : An Integrated Approach di alih bahasakan oleh Soekrisno Agoes. Salemba Empat. Jakarta.

Aulia. MY, 2013. Pengaruh Pengalaman, Independensi dan Skeptisime Profesional Auditor terhadap Pendeteksian Kecurangan (Studi Empiris pada KAP di Wilayah DKI Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Crumbley, D., Heitger, L., & Smith, G. 2005. Forensic and investigative Accounting.

Fitriany, Nasution, H,. 2012. Pengaruh Beban Kerja, Pengalaman Audit Dan Tipe Kepribadian Terhadap Skeptisme Profesional Dan Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan, Universitas Indonesia, Jakarta.

Fullerton, R. R., & Durtschi, C. 2004. The Effect of Professional Skepticism on the Fraud Detection Skills of Internal Auditors.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Universitas Dipenogoro. Semarang.

Hamid, Abdul, 2007. Panduan Penulisan Skripsi. FEIS UIN Press, Jakarta.

Hartan, T, H., 2016. Pengaruh Skeptisme Profesional, Independensi, dan Kompetensi terhadap Kemampuan Auditor Mendeteksi Kecurangan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hilmi, F. 2011. Pengaruh Pengalaman, Pelatihan dan Skeptisisme Profesional Auditor Terhadap Pendeteksian Kecurangan.Studi Empiris pada KAP di Wilayah Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2001. Standar Auditing: Pertimbangan atas Kecurangan dalam Audit Laporan Keuangan. Standar Profesional Akuntan Publik. IAI-KAP. Jakarta : Salemba – Empat.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2007. Metode Penelitin Bisnis. Bandung.

Karyono. 2013. Forensic Fraud. Yogyakarta: ANDI.

Karim, & Abdul. 2012. Pengaruh Sikap Skeptisme Profesional, Pelatihan Audit Investigatif/Forensik, dan Pengalaman Audit Terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan (Studi Kasus pada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah). Tesis (Tidak Dipublikasikan). Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi UNDIP,Semarang.

Kushasyandita, Sabhrina, 2012. Pengaruh Pengalaman, Keahlian, Situasi Audit, Etika, Dan Gender Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor Melalui Skeptisisme Profesional Auditor, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Merdian, Alif., 2014. Pengaruh Skeptisme Profesional dan Pengalaman Auditor terhadap Kemampuan Mendeteksi Kecurangan (Studi Survei pada beberapa Kantor Akuntan Publik). Universitas Widyatama.

Mokoagouw, M., Kalangi, L., Gerungai, N., 2018. Pengaruh Skeptisme Profesional dan Pengalaman Auditor terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan (Survei pada Auditor BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara). Universitas Sam Ratulangi.

Noviyanti, S., 2008. Skeptisme Profesional Auditor dalam Mendeteksi Kecurangant. Konferensi Akuntansi Pertama Universitas Indonesia. Depok.

Noviyani, Putri dan Bandi. 2002. Pengaruh Pengalaman dan Pelatihan terhadap Struktur Pengetahuan Auditor tentang Kekeliruan. Semarang

Putra, I, M., 2013. Kecurangan (Fraud) dan Kecurangan Laporan Keuangan (Fraudulent Financial Reporting. jalanrancagoong.com (17 Maret 2013).

Ramaraya, Tri, Koroy, 2008. Pendeteksian Kecurangan (Fraud) Laporan Keuangan oleh Auditor Eksternal. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Rustiana, Lily., Lovita. 2009. Pengaruh Skeptisisme Profesional Auditor terhadap Kemampuan Auditor Mendeteksi Kecurangan (Studi pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sanjaya, A. 2017. Pengaruh Skeptisme Profesional, Independensi, Kompetensi, Pelatihan Auditor dan Resiko Audit terhadap Tanggungjawab Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan. Universitas Katolik Soegijapranata.

Sugianto, 2017. Pengaruh Pengalaman dan Skeptisisme Profesional Auditor terhadap Kemampuan Mendeteksi Fraud dengan Independensi sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Auditor BPKP RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan).

Transparency International. 2017. Transparency International Corruption Perceptions Index 2017. www.transparency.org.

Tuanakotta, Theodorus, M., 2010. Akuntansi Forensik dan Audit Investigasi (Edisi II). Jakarta:Salemba Empat.

Tuanakotta, Theodorus, M., 2013. Audit berbasi ISA (International Standard on Auditing). Jakarta:Salemba Empat.

Widiyastuti, M., dan Pamudji, S., 2009. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Profesionalisme Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan (Fraud). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Wiguna, F., Hapsari D, W., 2015. Pengaruh Skeptisme Profesional dan Independens Auditor terhadap Pendeteksian Kecurangan (Survei Pada Auditor KAP di Malang).

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Indrawati, L., Cahyono, D., & Maharani, A. (2019). Pengaruh Skeptisisme Profesional, Independensi Auditor dan Pelatihan Audit Kecurangan terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 393–402. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21496

Issue

Section

Articles