Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance, Total Asset Turn Over dan Kepemilikan Institusional terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan

Authors

  • Dita Silfana Dewi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Arik Susbiyani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Achmad Syahfrudin Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21642

Keywords:

Sistem Gaji Good Corporate Governance, Total Asset Turn Over, Kepemilikan Institusional, dan Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance, Total Asset Turn Over dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang menjadi peserta dalam Corporate Governance Perception index (CGPI) periode 2015-2017 yang dilakukan oleh (The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) berupa skor pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI). Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Good Corporate Governance dan Kepemilikan Institusional berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan, sedangkan Total Asset Turn Over tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.

References

Anindtya, 2015. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI dengan Agency Cost Sebagai Variabel Intervening). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumater Utara. Medan.

Brigham dan Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (Edisi 11). Salemba Empat. Jakarta.

Carningsih. 2009. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Hubungan Antara Kinerja Keuangan dengan Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Universitas Gunadarma. Jakarta.

Damayanti, 2015. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2013). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang

Darwis, Herman, 2009,” Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.13, No 13, Seprember 2009, Hal 418-430. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Diyah, Reni Retno m dan Denies Priantina. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance dan Penungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan. Jurnal Nominal. Vol 1 No 2. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Ery Dan Ratna Widjayanti Dahniar Paramita .2014. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Praktik Manajemen Laba Riil Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Wiga Issn No 2088-0944 Vol. 4 No. 2, September 2014. Universitas Diponegoro, Semarang.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan: Alfabeta, Bandung.

Freshilia Welim dan Ch. Rustiti, 2014. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI)”. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gumanti, Tatang. 2011. Manajemen Investasi : Konsep, Teori, dan Aplikasi(Edisi 1): Mitra Wacana Media. Jakarta.

Herawati, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance sebagai Moderating Variabel dari Pengaruh Earnings Management terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI. IAI.

Hermiyetti, 2013. Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing. Dan Komite Audit terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasannudin. Makassar.

Indriantoro, Nur dan Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. BPFE. Sugiyono. Yogyakarta

Jogiyanto Hartono, 2013. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, BPFE Yogyakarta, Edisi Kedelapan. Yogyakarta

Kadek Made Sadha. 2016. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Struktur Modal dan Profitabilitas pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers. Jakarta.

Ramadhani, Ayu Suci dan Niki Lukviarman.2009. Hubungan Antara Good Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan dengan Kinerja Keuangan (Studi kasus pada perusahaan yang listing di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi VIII IAI.

Ratih, I Dewa Ayu dan Damayanthi, I Gusti Ayu Eka. 2016. Kepemilikan Manajerial dan Profitabilitas pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Tanggung jawab Sosial sebagai Variabel Pemoderasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali.

Widhianningrum, 2012. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan selama Krisis Keuangan Tahun 2007-2009. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Yasmine, 2013. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan dan Return Saham Perusahaan (Studi Pada Bumn Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 – 2012. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Universitas Andalas. Padang.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Dewi, D. S., Susbiyani, A., & Syahfrudin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance, Total Asset Turn Over dan Kepemilikan Institusional terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 473–480. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21642

Issue

Section

Articles