Analisis Manajemen Event di Kriyad Hotel Bumiminang Padang Ditinjau dari Fungsi Pengawasan

Authors

  • Lise Asnur Program Studi D4 Manajemen Perhotelan Jurusan Pariwisata FPP Universitas Negeri Padang
  • Yuliana Yuliana Program Studi D4 Manajemen Perhotelan Jurusan Pariwisata FPP Universitas Negeri Padang
  • Sukma Yudistira Program Studi D4 Manajemen Perhotelan Jurusan Pariwisata FPP Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i1.24466

Keywords:

Manajemen, Event, Pengawasan, Hotel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Manajemen Event di Kyriad Hotel Bumiminang Padang ditinjau dari fungsi pengawasan. Penelitian ini terdiri dari indikator fungsi manajemen yaitu pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan pendekatan data kuantitatif dan kualitatif metode mixed. Populasi pada penelitian ini sebanyak 653 orang. Teknik pengambilan sampel mengunakan Proporsional Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan menyebarkan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen event di Kyriad Hotel Bumiminang masih memiliki beberapa kendala dan kekurangan ditinjau fungsi pengawasannya. Berdasarkan data analisis dengan IBM SPSS versi 25, menunjukkan bahwa manajemen event di Kyriad Hotel Bumiminang ditinjau dari indikator pengawasan termasuk kategori cukup baik dengan persentase 44%.

References

Abdullah, Iqbal Alan. 2009. Manajemen Konferensi dan Event. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Andriansyah, Rifki. 2017. “Analisis Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen untuk Meningkatkan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas pada Pilkada Serentak 2015”. Skripsi Bandara Lampung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko, T Hani. 2012. Manajemen Edisi 2.

Yogyakarta: BPFE.

Noor, Any. 2013. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta.

Pemerintah Indonesia. 1990. UU No. 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan. Departemen Pariwisata, Jakarta: Sekretariat Negara.

Pudjiastuti, W. 2010.Special Event Alternatif Jitu Membidik Pasar.Jakarta: PT Alex Komputindo.

Pudjiastuti, Wahyuni. 2013. Manajemen Special Event.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rosyida, Satwika. 2016. “ Analisis Manajemen Event Gumelem Ethnic Carnival Tahun 2016 dalam Melestarikan Kebudayaan di Gumelem, Banjarnegara”. Skripsi.Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia.

Saputro, Johan. 2014. “Perencanaan Event Manajemen Festival Kesenian Yogyakarta sebagai Media Komunikasi Identitas Yogyakata”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sayoga, dkk. 2016. “Analisis Karakteristik Event Ohle Goes To Kampus Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran PT Pikiran Rakyat”. E-Proceeding of Management.Bandung.

Septemuryantoro, Syaiful Ade dan Cindy Citya Dima. 2018. “Pembelajaran Wisata MICE (Meeting Incentive Conference Exhibition) untuk Menciptakan SDM MICE di Kalangan Mahasiswa Perhotelan Universitas Dian Nuswantoro”. Prosiding SENDI_U. Semarang: 407-412.

Siregar, Damara Saputra. 2014. “Pelaksanaan Manajemen Mice (Meeting Incentive Conference Exhibition) Di Hotel Pangeran Pekanbaru”. Jom FISIP, 1 (2): 1-12.

Sondang, Siagan. 2012. Fungsi-fungsi manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, Nina dan Eka Harisma. 2016. Manajemen Event. Jakarta: PDD AKN Kabupaten Demak.

Wijaya, Candra dan Muhammad Rifa’i (Ed). 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

Ismayanti. (2010). PENGANTAR PARIWISATA. Jakarta : Grasindo.

GETZ DONAL. 1997. Event Management & Event Tourism. New York. Cognizant Communication Corporation. ISBN 978-1882345465

Sauer, M. INSTITUTE OF HOSPITALITY MANAGEMENT IN PRAGUE

Darnell, A. C., & Johnson, P. S. (2001). Repeat visits to attractions: a preliminary economic analysis. Tourism Management, 22, 119-126

Chen, C. F., & Tsai, D. (2007). How destination image and evaluative factors affect behavioral intentions? Tourism Management, 28, 1115- 1122.

UNWTO (2016), Tourism Highlights, 2016 edn., https://www.e unwto.org/doi/pdf/10.18111/9789284418145, accessed March 1, 2018.

Downloads

Published

2020-04-19

How to Cite

Asnur, L., Yuliana, Y., & Yudistira, S. (2020). Analisis Manajemen Event di Kriyad Hotel Bumiminang Padang Ditinjau dari Fungsi Pengawasan. International Journal of Social Science and Business, 4(1), 102–107. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i1.24466

Issue

Section

Articles