Ketersediaan Sarana dan Prasarana PJOK di Sekolah Dasar

Main Article Content

I Kt. B.P Candra Giri Cahya
I Gusti Lanang Agung Parwata
Made Aguswijaya

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah melihat dari hasil obserasi yang menunjukkan kurangnya sarana dan prasarana di SD se-Kecamatan Tembuku, hal tersebut menyebabkan proses balajar mengajar terhambat. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana dalam pembelajaran PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli, Penelitia ini berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan dan menggambarkan peristiwa secara natural yang dilakukan dengan menganalisis data dan hasil dari data tersebut dengan menggunakan hasil data yang diperoleh dari proses yang sudah berlangsung. Pnelitian ini menggunakan instrument PDPJOI. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan menggunakan lembar instrument PPJOI. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan dari penelitian survei sarana dan prasarana PJOK yang dilakukan di SD Negeri se-Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli. Dapat disimpulkan bahwa mengenai sarana dan prasarana yang ada di SD Negeri se-Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli , masih kategori kurang “D” sekolah masih belum memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai sehingga tidak mampu menunjang proses pembelajaran PJOK itu berlangsung.

 

Kata Kunci: Sarana dan Prasarana PJOK, Instrumen PDPJOI

Article Details

How to Cite
Giri Cahya, I. K. B. C., Agung Parwata, I. G. L., & Aguswijaya, M. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana PJOK di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34828
Section
Articles

References

Anis, Latifa Angga Dwi. 2016. Kesesuaian Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Prambanan Sleman Berdasarkan Permendiknas No 24 tahun 2007. https://core.ac.uk/download/pdf/33545308.pdf

Kanca, I Nyoman. 2010 . Metode Penelitian Jasmani dan Rereasi.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Poerwati Yuni. 2007 . PDPJOI 2007 (Potrest Penjasorndi 15 Kabupaten atau kota dan 5 Regional BPPLSP se-Indonesia

Tri Pratomo, Adri. 2013 . Servai Sarana dan prasaran pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah pertama negeri Ke-Kota purbalingga tahun 2012

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12845

Santayasa I wayan. 2019. metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha

Sudaryono. 2016 . Metode dan Rancangan Penelitian.

Husdarta, H.J.S.2009. manajemen Pendidikan jasmani, Bandung: alfabeta

Pereira, A. L. dos S. (2015). No TitleÉ?__. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Satyawan, I. M. (2015). Survei Sarana dan Prasarana Dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMA/SMK/MA Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2014/2015. 3(2), 54–67.

Simanjuntak, vector, dkk. 2008 pendidikan jasmani dan kesehatan, Departemen Pendidikan Nasional

Saputro Imam Dwi. 2014. Survei Sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Selompang Kabupaten Temanggung. http://eprints.uny.ac.id/14474/1/Skripsi_IMAM%20DWI%20SAPUTRO_10604224007.pdf

Most read articles by the same author(s)