Ketersediaan Sarana dan Prasarana PJOK di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34828Abstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah melihat dari hasil obserasi yang menunjukkan kurangnya sarana dan prasarana di SD se-Kecamatan Tembuku, hal tersebut menyebabkan proses balajar mengajar terhambat. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana dalam pembelajaran PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli, Penelitia ini berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan dan menggambarkan peristiwa secara natural yang dilakukan dengan menganalisis data dan hasil dari data tersebut dengan menggunakan hasil data yang diperoleh dari proses yang sudah berlangsung. Pnelitian ini menggunakan instrument PDPJOI. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan menggunakan lembar instrument PPJOI. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan dari penelitian survei sarana dan prasarana PJOK yang dilakukan di SD Negeri se-Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli. Dapat disimpulkan bahwa mengenai sarana dan prasarana yang ada di SD Negeri se-Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli , masih kategori kurang “D” sekolah masih belum memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai sehingga tidak mampu menunjang proses pembelajaran PJOK itu berlangsung.
Kata Kunci: Sarana dan Prasarana PJOK, Instrumen PDPJOI
References
Anis, Latifa Angga Dwi. 2016. Kesesuaian Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Prambanan Sleman Berdasarkan Permendiknas No 24 tahun 2007. https://core.ac.uk/download/pdf/33545308.pdf
Kanca, I Nyoman. 2010 . Metode Penelitian Jasmani dan Rereasi.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Poerwati Yuni. 2007 . PDPJOI 2007 (Potrest Penjasorndi 15 Kabupaten atau kota dan 5 Regional BPPLSP se-Indonesia
Tri Pratomo, Adri. 2013 . Servai Sarana dan prasaran pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah pertama negeri Ke-Kota purbalingga tahun 2012
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12845
Santayasa I wayan. 2019. metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha
Sudaryono. 2016 . Metode dan Rancangan Penelitian.
Husdarta, H.J.S.2009. manajemen Pendidikan jasmani, Bandung: alfabeta
Pereira, A. L. dos S. (2015). No TitleÉ?__. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Satyawan, I. M. (2015). Survei Sarana dan Prasarana Dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMA/SMK/MA Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2014/2015. 3(2), 54–67.
Simanjuntak, vector, dkk. 2008 pendidikan jasmani dan kesehatan, Departemen Pendidikan Nasional
Saputro Imam Dwi. 2014. Survei Sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Selompang Kabupaten Temanggung. http://eprints.uny.ac.id/14474/1/Skripsi_IMAM%20DWI%20SAPUTRO_10604224007.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)