Motivasi Peserta Didik terhadap Kebugaran Jasmani di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Valerianus Molo Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Lanang Agung Parwata Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v3i1.34861

Abstract

Pada massa pandemi covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap pola hidup mayarakat serta berpengaruh terhadap aktivitas pembelajaran peserta didik dalam kebugaran jasmani sehingga peran guru dan orang tua serta motivasi sangat diperkukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peserta didik terhadap kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19. Jenis penlitian ini menggunakan metode penelitian deskriptiv kualiatif dengan jenis penelitian survey dan intrumen penelitian ini meliputi test. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode survey kuisioner. Sampel yang digunakan terdiri dari 106 peserta didik  dengan populasi sebayak 270 peserta didik. Kemudian pada tahap pelaksanaan penelitian dilakukan pengambilan data menggunakan intrumen dengan pertanyaan 20 butir yang akan di jawab oleh peserta didik yang sudah disiapkan pada tahap perencanaan. Test diberikan kepada kelas sampel yang ditentukan secara non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 39% dari jumlah total populasi. Setelah pemberian test data yang dikumpul akan ditabulasi dan dianalisis. Kemudian kegiatan pada tahap pelaporan meliputi analisis data secara keseluruhan dan perumusan simpulan, serta pembuatan laporan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu pada faktor instrinsik motivasi peserta didik terhadap kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19 memperoleh skor 71,8% Dari hasil analisis 10 pernyataan motivasi intrinsik bila dirata-ratakan memperoleh rata-rata skor 74.4. Sedangkan hasil analisis 10 pernyataan motivasi ekstrinsik bila dirata-ratakan memperoleh rata-rata skor 69.2 dari hasil penelitian ini motivasi peserta didik di kategorikan sangat tinggi. Dengan demikian saran kepada peserta didik agar mempertahankan dan meningkatkan motivasi dalam mempertahakan kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19.

.

Kata Kunci : Pendidikan Jasmani, Aktivitas Jasmani, Motivasi

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Atwi, Z., & Firdaus, K. (2020). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal JPDO, 3(1), 24–29. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/609/185

Budiarta, R. (2018). Motivasi Peserta Didik Terhadap Ekstrakurikuler woodball di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Rosda Karya.

Muliani. (2015). Motivasi, Komitmen dan Budaya Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Kursus Toefl Preparation pada Pusat Bahasa Universitas Hasanuddin. Jurnal Analisis, 4(2). http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/549b9a5066ffb1789ac6e1d26a03cecb.pdf

Purwanto, R. (2011). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Sistem Koordinasi melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1. http://purwoudiutomo.com/wp-content/uploads/2011/09/Peningkatan-Motivasi-dan-Hasil-Belajar-Siswa-dengan-Teaching-Game-Team.pdf

SAHUDIN WIBOWO, A. (2017). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(2), 390–395. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/19518

Simarmata, A. A. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1). https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/25080

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Molo, V., Agung Parwata, I. G. L., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Peserta Didik terhadap Kebugaran Jasmani di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i1.34861

Issue

Section

Articles