Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

I Wayan Suprianto
H. Wahjoedi
Ni Luh Putu Spyanawati

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani mengalami perubahan selama periode pandemi Covid 19 dan pada masa New Normal, sehingga menjadi penting untuk mengetahui minat  siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan  jasmani  pada  masa New Normal Covid.19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, sedangkan jenis survey yang digunakan yaitu survey kuisioner yang dijawab oleh peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja, dengan jumlah 300 orang, sementara sampel dipilih berdasarkan convenience sampling yang ini diambil 20% dari populasi penelitian, dimana total sampelnya adalah sebanyak 60 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan statistik deskriptif kuantitatif kemudian dikategorikan berdasarkan skala penilaian. Berdasarkan analisis data pada minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK mendapatkan skor 81 dimana pada skala penilaian kategori, angka tersebut dinyatakan sangat tinggi.

 

Kata Kunci : Minat, Pembelajaran PJOK, Pandemi Covid-19

Article Details

How to Cite
Suprianto, I. W., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34831
Section
Articles

References

Adi Nugroho, Y. (2011). Minat Siswa Terhadap Permainan Bola Voli Modifikasi Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas VIII Di SMP 2 Kaliwiro Kab. Wonosobo”. Fakultas Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.

Hasan, S. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2).

Kasim, M. (2011). Pentingnya Motivasi dan Minat Terhadap Manajemen Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. ACADEMICA Fisip Untad. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/academica/article/download/2285/1478

Mashud. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani”. Universitas Lambung Mangkurat. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr/article/view/5704/4778

Paramitha, S. T. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga JPJO, 3(1), 41–51.

Purwanto, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SD”. Universitas Pelita Harapan Indonesia. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397/223

Qomarrullah, R. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(2).

Setiadi, L. R. (2017). Minat Siswa Kelas VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok Di SMP Negeri 2 Godean Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pjkr/article/download/9352/9020

Slameto. (2015). Metodelogi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga:Cipta.

Wicaksono, G. H. (2019). Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 95–100.

Wirayasa, I. D. G. P. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4d Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3).

Most read articles by the same author(s)