Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis ICT untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli pada Peserta Didik Kelas VII SMP

Authors

  • Panji Mautama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Darmayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v4i2.49350

Keywords:

Koopeeratif, STAD, ICT, Teknik Dasar Bola Voli

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan nasional yang bertujuan untuk pengembangkan kemampuan peserta didik melalui aktivitas jasmani. Bola voli merupakan salah satu olahraga yang wajib dilatih dalam pelaksanaan pendidikan khususnya di Indonesia, namun masih banyak peserta didik yang belum bisa melakukan teknik teknik dasar bola voli dengan baik dan benar akibat model pembelajaran yang digunakan belum efektif, kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran teknik dasar bola voli, sarana prasarana kurang memadai dan penyampaian materi yang kurang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar bola voli. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP dan objek dalam penelitian ini adalah keterampilan teknik dasar bola voli siswa kelas VII SMP. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif komparatif dan deskriptif kritis. Hasil penelitian menunjukkan aspek sikap siklus I nilai ketuntasannya adalah 87%, dan pada siklus II menjadi 100%. Aspek pengetahuan siklus I nilai ketuntasannya adalah 81% dan pada siklus II menjadi 93%. Pada aspek keterampilan siklus I nilai ketuntasannya adalah 71% dan pada siklus II menjadi 90%. Hasil penelitian menyimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis ICT berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar teknik dasar dalam permainan bola voli.

References

Aini, Y. I. (2019). (Penting) Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 542–548.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kajian Pustaka & Pembahasan. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume VI No 3 Oktober 2016 |157, VI(1), 156–167.

Cahya Pratama, A. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama Dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(3), 561–564.

Fachri, M., Wahid, A. H., Baharun, H., & Lailiyah, K. (2020). JOYFUL Learning Berbasis Hypercontent dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI) di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 04(02), 170–184.

Feriyanti, Y. G. (2020). Komunikasi Pendidikan Antara Guru dan Murid dalam Memberikan Keterampilan Literasi (Study pada Siswa-Siswi SDN 20 Sungailiat Bangka). Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia., 2(1), 45–54.

Fitriani, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) pada Pelajaran PKN di SMA Negeri 1 Watansoppeng. Supremasi J Pemikiran, Penelit Ilmu-Ilmu Sos Huk Dan Pengajarannya, 13(1), 50–63.

Hardini, S., Munawir, Z., & Area, U. M. (2022). Penggunaan Istilah Bahasa Inggeris dalam ITE dan Studi Hukum di SMA (Taman Madya) Perguruan Taman Siswa Singosari Cabang Medan. Jurnal PKM, 2(1), 63–81.

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.

Laksana, S. D. (2018). Implementasi Model Discovery learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiah (MI) Al-Ma’arif Gendingan Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1).

Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 137–156.

Murtiyono, E. Raharjo, H. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Mini Melalui Tutor Sebaya Siswa Sekolah Dasar. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2), 1613–1620. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr.

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984.

Musyarofah, A. (2018). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Metode Inkuiri pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Controlled Release, 11(2), 430–439.

Nasution, D. K. (2020). Improving The Students’ Achievementr in Listening by Applying Debate Plus Method. Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Patamani, H. (2020). Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Mini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(1), 35. https://doi.org/10.37905/aksara.4.1.35-40.2018.

Prihatni, R., Sumiati, A., & Sariwulan, T. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru-Guru Yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 112–123. https://doi.org/10.21009/jpmm.003.1.08.

Putra, F. setyaning dwi. (2021). Analisis Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Podcast Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 272–282. http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/view/347.

Rahmayani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 04(01), 59–62. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59.

Rismayanthi, C. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 10–17.

Rohmah, B. F. (2019). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv-a Pada Mata Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Infak Dan Sedekah Di Mi. Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 2(2), 76–90.

Rohmawati, S. (2018). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 2(1), 64. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual.

Saputra, D. I. M., Fussalam, Y. E., & Kurniawan, R. (2021). Tinjauan Kemampuan Bermain Bola Voli pada Pemain Club Arembang Sungai Abang. Jurnal Muara Olahraga, 4(February), 6.

Sareong, I. P. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 29–42. https://doi.org/10.25278/jitpk.v1i1.466.

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kemampuan komunikasi interpersonal guru. Jurnal Pendidikanmanajemen Perkantoran, 3(2), 190–198. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764.

Siregar, F. S., Sembiring, M. M., & Siregar, A. (2021). Analisis Perbedaan Kontribusi Variasi Latihan Passing Bola Voli. Jurnal Olahraga & Kesehatan Indpnesia, 1(2), 122–126.

Supianti, I. I. (2018). Pemanfataan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.30653/003.201841.44.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2006). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1).

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Mautama, P., Darmayasa, I. P. ., & Spyanawati, N. L. P. . (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis ICT untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli pada Peserta Didik Kelas VII SMP. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(2), 85–91. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i2.49350

Issue

Section

Articles