Media Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan dan Kelincahan Berbasis Video Tutorial
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45025Keywords:
Pengembangan, Video Tutorial, Aktivitas PengembanganAbstract
Pengembangan ini bertujuan untuk mengasilkan produk media pembelajaran PJOK berbasis video tutorial untuk pembelajaran aktivitas pengembangan PJOK kelas IX SMP. Desain penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP LAB UNDIKHA tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuanlitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aspek Isi adalah baik dengan persentase 65%, (2) Aspek media pembelajaran adalah baik dengan persentase 62%, (3) Aspek Desain pembelajaran adalah sangat baik dengan persentase 88%, (4) Uji perorangan adalah sangat baik dengan persentase 91,33%, (5) Uji kelompok Kecil adalah sangat baik dengan persentase 92,67%, (6) Uji kelompok besar adalah sangat baik dengan persentase 93,16%, Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran PJOK berbasis video tutorial pada materi aktivitas pengembangan sudah memenuhi kelayakan dari aspek uji coba ahli isi, media, desain dan uji coba produk sudah layak digunakan guru dalam proses pembelajaran.
References
Arke, I. G., Wijaya, M. A., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbantuan Video Tutorial pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 165. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39478.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950.
Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752.
Deisharjo, Y. Y., Bile, R. L., Bayo, Y., Tapo, O., Pjkr, P. S., & Bakti, S. C. (2021). Pengembangan Model Variasi Gerak Stretching Sebagai Bentuk Citra Bakti Ngada.
Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263.
Firdaus, R. I., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif Di Sma Negeri 1 Turen. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 130. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p130-143.
Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911.
Heru, O. :, Lesmana, S., Kunci, K., Olahraga, K., & Penjas, P. (2018). Peran Motor Educability Di Dalam Meningkatan Keterampilan Olahraga Pada Pembelajaran Penjas the Role of Motor Educability in Enhancing Sports Skill At Physical Education Learning. 16.
Junaedi, A., & Wisnu, H. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.
Kurniawan, A. W., Surya, K. K. H., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani Unsur Kelentukan Berbasis Multimedia Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Patriot, 4(1), 25–35. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i1.831.
Laksono, B. A., & Widiyanto, W. (2019). Pengembangan Model Body Weight Training Untuk Latihan Otot Perut. Medikora, 15(2), 39–58. https://doi.org/10.21831/medikora.v15i2.23144.
Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934.
Litem, G., Luh, N., Widiantari, G., Ngr, G., Cahya Prananta, A., Ngurah, A. A., Laksana, P., Citrawan, W., Kadek, I., & Artawan, S. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas VIII di SMPK 2 Harapan Untal-Untal, Dalung Kuta Utara, Badung. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 153–161.
Mahadewi, dkk. (2012). Media Video Pembelajaran. Singaraja: UNDIKSHA.
Mahlianurrahman, & Syamsu, F. D. (2019). Developing Tutorial Video for Enhancing Elementary School Students’ Process Skills in Science. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1–12.
Muhammad Soleh Fudin, Tedy Wasis Nurcahyo, Khamim Hariyadi, & Vega Mareta Sceisarriya. (2022). Pengembangan Video Tutorial Latihan Kekuatan Otot Paha Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP PGRI Trenggalek. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(2), 141–148. https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.217.
Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(11), 566–581. https://doi.org/10.17977/um062v2i112020p566-581.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421.
Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278. https://doi.org/10.17977/um062v2i52020p272-278.
Rafi, S., Gani, R. A., & Iqbal, R. (2022). … Kebugaran Jasmani Berbasis Multimedia Interaktif Sekolah Menegah Atas Kabupaten Indramayu Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 15–36.
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.
Ridha Aulia Putri, S. L. H. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.
Riki, R., Purnomo, E., & Perdana, R. P. (2022). Pengembangan Media Video Tutorial Gerakan Seni Tunggal Tangan Kosong Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(6), 436. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55867.
Setyabudhi, A. L., & Saputra, E. (2020). Analisis Pengembangan Produk Charger Handphone Dengan Menggunakan Metode Quality Function. Engineering And Technology International Journal, 2(3), 150–157.
Simanjorang, E. K., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan Video Tutorial Materi Passing Sepakbola Mata Pelajaran PJOK untuk Kelas X SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 99–107. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33762.
Suryadin, T., & Radiko, R. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Tendangan Depan Pencak Silat. Journal Respecs, 2(1), 1. https://doi.org/10.31949/jr.v2i1.2007.
Wani, B., Natal, Y. R., Samri, F., Tapo, Y. B. O., & Bile, R. L. (2022). Pendampingan Mengajar Bagi Guru Pjok Pada Materi Kebugaran Jasmani Kelas X Sma Citra Bakti Melalui Zoom Meeting. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 3(2), 204–211. https://doi.org/10.38048/jailcb.v3i2.949.
Wijaya, M. A., & Kanca, I. N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n1.p1-6.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)