Studi Etnografi Serta Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Perguruan Pencak Silat Putra Garuda di Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng

Authors

  • I Made Parwa Santika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v4i2.49050

Keywords:

Etnografi, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Pencak Silat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui studi etnografi serta nilai-nilai pendidikan karakter pada perguruan pencak silat putra garuda di desa Anturan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekataan kualitatif. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang dilakukan terhadap data primer dan data sekunder yang kemudian peneliti ungkapkan isi atau makna dari aturan hukum yang telah ditentukan yang akan dihukumi dengan hukum yang sama, berbeda atau memiliki deskripsi sendiri tentang kajian hukum yang telah dilakukan. Pada proses penelitian ini teknik pengambilan data dalam konteks ini, triangulasi data dalam proses pengambilan data di kancah atau lapangan menggunakan 3 teknik, yang terdiri dari proses observasi partisipatif, wawancara mendalam (in-depht interviewing), dan studi dokumen. Pengumpulan data biasanya dilakukan melalui pengamatan partisipan, wawancara, kuesioner dan lain-lain. Ilmu ini bertujuan untuk menjelaskan keadaan masyarakat yang dipelajari Metode dan teknik analisis data Terdapat tiga jalur analisis data kualitatif, yiatu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

References

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD.

Alexander. (1972). Pentjak Silat: Indonesia Fighting Art. Tokyo: Kodansha.

Ambarita, A. (2020). pembentukan Karakter Peserta Didik Mendukung SDGs 2030. In Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 2(1), 15–34. https://proceeding.stkippgribl.ac.id/index.php/semnas/article/view/17.

Dewi, A., Setiawan, D., & Yuliandi, R. (2018). Pengaruh Meditasi dalam Meningkatkan Akurasi Tendangan pada Atlet Pencak Silat di Organisasi PSHT Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 3(1), 154. http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/203.

Ediyono, S., & Widodo, S. T. (2019). Memahami makna seni dalam pencak silat. Panggung, 29(3). https://doi.org/10.26742/panggung.v29i3.1014

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter.

Gilang. (2007). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk SMA. Ganeca Exact.

Husen, J., & Rahmat, Z. (2022). Hubungan Kekuatan Otot Tungkai Dengan Kemampuan Tendangan Lurus Pada Atlet Silat Binaan Koni Aceh Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 3(2). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/696.

Irawan Irawan, S. (2020). Profil tingkat kecemasan atlet pencak silat. Satya Widya, 36(1), 1–8. https://doi.org/10.24246/j.sw.2020.v36.i1.p1-8

Jannah, R. J., & Khikmah, A. N. (2018). Implementasi nilai-nilai luhur budaya pencak silat sebagai pendidikan karakter siswa di sekolah. Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 141–146. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/898.

Laban, S. F., Alsaudi, A. T., & Chan, A. A. S. (2021). Fanatisme Suporter Tim Persipura Di Jabodetabek. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 83–90. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1249.

Lapasila, N., Bahfiarti, T., & Farid, M. (2020). Etnografi Komunikasi Pergeseran Makna Pesan Tradisi Padungku Pasca Konflik Poso Di Sulawesi Tengah. Scriptura, 10(2), 111–122. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.111-122.

Mas’ udi, M. (2022). Historiografi Keberagamaan Manusia (Analisis Etnografis Perjalanan Keberagamaan Manusia). Fikrah, 2(1). https://media.neliti.com/media/publications/62040-ID.

Morelent, Y. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Gramatika, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional.

Musyadad, V. F., Saputro, A. N. C., Prihatmojo, A., Salamun, S., Subakti, H., Ritonga, M. W., & Yulianda, A. (2022). Pendidikan Karakter.

Pujawardani, H. H. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Media Nusantara, 16(1), 77–90. https://doi.org/10.30999/medinus.v16i1.683.

Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.

Rachmadiyanti, F. (2020). Komunikasi Instruksional Guru Kepada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB BC-YPLAB Wartawan Bandung. Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/4300/.

Rahmawati, S. T. (2018). Paradigma pendidikan karakter dalam tinjauan teoretis dan praktis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 1–26. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/26.

Ruswinarsih, S., Apriati, Y., & Malihah, E. (2023). Penguatan Karakter Melalui Seni Bela Diri Pencak Silat Kuntau Pada Masyarakat Kalimantan Selatan, Indonesia. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(1), 50–62. https://doi.org/10.20527/pn.v5i01.7571.

Sa’diyah, H., & Rosyid, M. Z. (2020). Kode Etik dan Moral Mahasiswa (Studi Terhadap Peran Tim Kode Etik dalam Membina Moral Mahasiswa di IAIN Madura). Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 17(1), 46–60. https://doi.org/10.19105/nuansa.v16i2.2628.

Saleh, M. (1991). Olahraga Pencak Silat. FPOK IKIP.

Saryanto, M. M. A. S. (2018). Pencak Silat Sebagai Hasil Budaya Indonesia Yang Mendunia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.22219/.v2i2.2302.

Setiawan, I. (2011). EksistEnsi sEni PEncak silat di kabuPatEn Purwakarta (kajian tentang strategi adaptasi). Journal of Historical and Cultural Research, 3(3), 424–441. http://ejurnalpatanjala.kemdikbud.go.id/patanjala/index.php/patanjala/article/view/254/0.

Sufianto, A., Lim, S., & Khosasih, A. (2015). Akulturasi Unsur Kungfu Tiongkok dalam Pencak Silat Betawi. Lingua Cultura, 9(1), 1–6. https://journal.binus.ac.id/index.php/Lingua/article/view/754.

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145–151. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696.

Wasitaatmadja, F. F. (2020). Etnografi Hukum Budaya Hukum Masyarakat Cina Jelata.

Windiani, W., & Rahmawati, F. N. (2016). Menggunakan metode etnografi dalam penelitian sosial. Journal of Sociology, 9(2). https://doi.org/10.21107/djs.v9i2.3747.

Zubaedi, M. A. (2015). Desain Pendidikan Karakter.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Santika, I. M. P., Budaya Astra, I. K. ., & Suwiwa, I. G. (2022). Studi Etnografi Serta Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Perguruan Pencak Silat Putra Garuda di Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(2), 51–65. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i2.49050

Issue

Section

Articles