Tingkat Partisipasi Siswa SMA Melakukan Aktivitas Olahraga di Luar Jam Mata Pelajaran Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan)
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45026Keywords:
Partisipasi, Aktivitas Olahraga, PenjaskesAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis berapa besar tingkat partisipasi siswa dalam melakukan aktivitas olahraga di luar jam mata pelajaran penjaskes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang tidak bermaksud menguji hipotesis tetapi hanya menggambarkan seperti adanya suatu variabel, gejala atau keadaan. Variabel dalam penelitian ini adalah partisipasi siswa dalam melakukan aktivitas olahraga di luar jam mata pelajaran penjaskes. Populasi dalam penelitian ini yakni sebanyak 2.560 siswa SMA. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive random sampling yang berjumlah 256 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Adapun data dianalis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tingkat partisipasi siswa dalam melakukan aktivitas olahraga di luar jam mata pelajaran penjaskes Kabupaten Badung masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 8,20%, kategori tinggi sebesar 17,97%, kategori sedang sebesar 45,31%, kategori rendah sebesar 21,09% dan kategori sangat rendah sebesar 7,42%.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekataan Praktik. Rineka Cipta.
Aryanti, N. N. S. (2021). Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 329–342.
Candra Dewi, N. K. A. T., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Motivasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Menjaga Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jiku.V8i1.29573.
Hadi, S. (1991). Analisa Butir Untuk Instrument.
Hafiza, D., Utmi, A., & Niriyah, S. (2021). Hubungan Kebiasaan Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Smp Ylpi Pekanbaru. Al-Asalmiya Nursing Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal Of Nursing Sciences), 9(2), 86–96. Https://Doi.Org/10.35328/Keperawatan.V9i2.671.
Harahap, A. C. P., Susmita, T. M., & Kartika, Y. D. (2022). Anak Terlalu Aktif Dan Ribut Dikelas (Merubah Perilaku Aktif, Agresif Anak Melalui Layanan Konseling Kelompok). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 4674–4679.
Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. In Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 14, Issue 1). Https://Doi.Org/10.21831/Pep.V14i1.1977.
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Journal Of Education, 4(2).
Ilyas, I., & Almunawar, A. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 37–45. Https://Doi.Org/10.55081/Joki.V1i1.297.
Intantiyana, M., Widajanti, L., & Rahfiludin, M. . Z. (2018). Hubungan Citra Tubuh, Aktivitas Fisik Dan Pengetahuan Gizi Seimbang Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Putri Gizi Lebih Di Sma Negeri 9 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(5), 404–412. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jkm/Article/View/22064.
Jasmani, S.-P., Rekreasi, K., & Olahraga, F. I. (2020). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Smp Negeri Di Madiun Nur Ayu Oktaviani *, Sapto Wibowo. 7–18.
Juliantara1, P. E. D., & Dwipayana, M. P. (2017). Hubungan Antara Aktifitas Fisik Dengan Kelebihan Berat Badan Pada Remaja Sma Di Kota Denpasar. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. Https://Ojs.Unud.Ac.Id/Index.Php/Eum.
Kamaruddin, I., Hasanuddin, I., Maulana, A., Ansar, C. S., Imawati, V., Rozi, F., & Haris, A. (2022). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Get Press.
Listyowati, A. A., Asri, & Sumaryanto. (2021). Hubungan Karakteristik Peternak Terhadap Respons Pembuatan Briket Bio- Arang Berbahan Dasar Kotoran Kambing Dan Serbuk Gergaji Di Desa Tampingan Kecamatan Tegalrejo. Jurnal Penelitian Peternakan Terpadu, 3(February), 6.
Lubis, A. (2007). Instrumen Penelitian Pendidikan. In Jurnal Tabularasa Pps Unimed (Vol. 4, Issue 1, Pp. 75–86).
Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 6(1), 1510–1515. Https://Doi.Org/10.4028/Www.Scientific.Net/Amm.496-500.1510.
Mutohir., T. C. (2007). Sport Development Index: Konsep, Metodologi Dan Aplikasi.
Paryanto, R., & Wati, I. D. P. (2013). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(5), 143–154.
Prativi, G. O , Soegiyanto, S. (2013). Pengaruh Aktivitas Olahraga Terhadap Kebugaran Jasmani. Journal Of Sport Sciences And Fitness, 2(3), 32–36.
Riza, M. F., Adi, S., & Andiana, O. (2018). Survei Tentang Minat Aktivitas Olahraga Di Madrasahaliyah Al-Ma’arif Singosari Kabupaten Malang. Jurnal Sport Science, 8(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.17977/Um057v8i1p78-84.
Rizki Mubarok, Andika Triansyah, F. P. H. (2020). Pengaruh Tabata Workout Terhadap Kebugaran Jasmani Peserta Didik Yang Menggunakan Dual System Di Smk Smti Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 9(3). Https://Doi.Org/10.26418/Jppk.V9i3.40376.
Salabi, A. (2019). Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Qardhan Hasana Banjarbaru Indonesia . Sekolah Dasar Ditempuh Dalam Waktu 6 Tahun , Mulai Dari Kelas 1 Sampai Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri ( Sdn ) Di Indonesia Yang Sebelumnya Berada Di Daerah Kabupaten /. 2(04), 23–52.
Saparia, A., & Kandupi, A. D. (2022). Pelatihan Kebugaran Jasmani Atlet Gateball Provinsi Sulawesi Tengah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(1), 37–42.
Septiani, R., & Raharjo, B. B. (2017). Pola Konsumsi Fast Food, Aktivitas Fisik Dan Faktor Keturunan Terhadap Kejadian Obesitas (Studi Kasus Pada Siswa Sd Negeri 01 Tonjong Kecamatan Tonjong Kebupaten Brebes). Public Health Perspective Journal, 2(3), 262–269. Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Phpj.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Pt Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suryosoebroto. (2001). Humas Dalam Dunia Pendidikan. Mitra Gama Widya.
Syarifuddin, I., & Puspitawati, I. D. (2013). Melalui Latihan Lompat Tali Terhadap Siswa Sd Negeri 3 Sempalai Melalui Latihan Lompat Tali Terhadap Siswa Sd Negeri 3 Sempalai. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).
Tobing, I. S. L. (2008). Teknik Estimasi Ukuran Populasi Metode “ Total Count .” Vis Vitalis, 01(1), 43–52.
Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–39. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.1197.
Utami, L. A., Putri, S. A., Oktaviana R, S., & Ryansyah, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Google Form Untuk Kebutuhan Survey Bagi Pengurus Dan Kader Dasawisma Kelurahan Ragunan. Jurnal Warta Desa (Jwd), 3(3), 200–206. Https://Doi.Org/10.29303/Jwd.V3i3.160.
Yusup, F., Studi, P., Biologi, T., Islam, U., & Antasari, N. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas. 7(1), 17–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)