Pengembangan Video Pembelajaran PJOK Tematik Untuk Peserta Didik Kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng
Tema Diriku Subtema Tubuhku
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v6i1.52063Keywords:
media pembelajaran, PJOK, tema diriku, subtema tubuhkuAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan video menggunakan model ADDIE yang mencakup lima langkah, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I Sekolah Dasar di Kecamatan Buleleng pada tahun ajaran 2022/2023 dimana SD di Kecamatan buleleng terdiri dari 19 sekolah yang terbagi dalam 9 gugus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan pemberian angket (kuestioner). Dalam merancang produk ini dilakukan dengan mengembangkan storyboard, script (skenario), dan alat yang digunakan dalam membuuat video. Selanjutnya dilakukan validasi isi mata pelajaran, validasi desain pembelajaran, validasi media pembelajaran, dan validasi praktisi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi isi mata pelajaran berada pada presentase 95,8%, validasi desain pembelajaran berada pada presentase 75%, validasi media pembelajaran berada pada presentase 100%, dan validasi praktisi lapangan berada pada presentase 94,4% . Rata-rata hasil validasi tersebut adalah 91,3%. Hal ini mengindikasikan bahwa produk berupa video layak di uji cobakan.
References
Faridah. (2020). “Pengaruh Media Vidio Pembelajaran terhadap Hasil Pembelajaran Tematik pada Peserta didik Kelas VI SD Negeri Kejawat Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat”. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 2(2). Tersedia pada https://doi.org/10.51518/lentera.v2i2.35
Jampel, I. N., dan Puspita, K. R. (2017). “Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual”. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197. Tersedia pada https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156
Lestari, K. T. M. S., dan Indriawati, P. (2020). “Peningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xi Melaui Media Vidio Scribe Pada Pembelajaran Daring Di Sma Negeri 7 Balikpapan”. Kompetensi, 13(1). Tersedia pada https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.34
Mashuri, H., Mappaompo, M. A., Palmizal, A., Rahman, T., Saparia, A., & Juhanis, J. (2022). Pengaruh Permainan Gerak Dasar dengan Circuit Training terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6583-6593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2213
Nuritha, C., dan Tsurayya, A. (2021). “Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta didik”. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Tersedia pada https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430
Purbayanti, H. S., dkk. (2020). “Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Matematika Pada Pandemi Covid-19”. JIPMat, 5(2). Tersedia pada https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6693
Saptiani, S. (2016). “Model Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini dalam Kurikulum 2013”. Jurnal Edukasi AUD, 2(1). Tersedia pada https://doi.org/10.18592/jea.v1i1.1534
Setiawan, A. R. (2019). “Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik”. Jurnal Basicedu, 4(1). Tersedia pada https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298
Suwiwa, I. G., Astra, I. K. B., Muliarta, I. W., & Mashuri, H. (2022). Development of Video Media Basic Techniques of Petanque Game. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(1), 139. https://doi.org/10.31851/hon.v5i1.6680
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 4. Tersedia pada https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1177997
Tri Wardati Khusniyah, dkk. (2021). “Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dengan Tema Pembelajaran ‘Asik’ Di Masa Pandemi”. IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(1), 1–7. Tersedia pada https://doi.org/10.37471/ijce.v2i1.213
Wahjoedi, W., & Dartini, N. (2021). Modul Pembelajaran PJOK Tematik Teritegratif Sub Tema Aku Istimewa untuk Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Penjakora, 8(April).Tersediapadahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/30560
Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Artikel, 1(1). Tersedia pada http://eprints.umsida.ac.id/3723/1/artikel%20TP%20%28%20indah%29.pdf
Widhi, N. K. W. T. W., Wati, T., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan dan Kelincahan Berbasis Video Tutorial. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(1), 22-31. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45025
Widyalaksono, P., Mashuri, H., & Lusianti, S. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Pola Langkah Pencak Silat Sekolah Dasar. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 8-17. https://repository.unpkediri.ac.id/2581/1/Kode_0722098601.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)