Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android Pada Teknik Push Permainan Tenis Meja
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v5i1.81204Keywords:
bahan ajar digital, tenis meja, androidAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bdigital digital berbasis android pada materi teknik push dalam permainan tenis meja. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi/materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli praktisi lapangan. Subjek uji coba produk dari penelitian ini adalah uji coba perorangan oleh 3 orang mahasiswa, uji coba kelompok kecil oleh 6 orang mahasiswa, dan uji coba kelompok besar oleh 24 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil persentase uji ahli isi/materi pembelajaran sebesar 98% berkualifikasi baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 96 % berkualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 90% berkualifikasi sangat baik, uji ahli praktisi lapangan sebesar 93 % berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 96% berkualifikasi baik, uji coba kelompok kecil sebesar 98% berkualifikasi baik, dan uji coba kelompok besar sebesar 92% berkualifikasi sangat baik. Oleh karena itu, produk atau media yang dikembangkan berupa bahan ajar digital berbasis android pada materi Teknik push dalam permainan tenis meja, sebagai sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada saat melakukan pembelajaran.
References
Adi Putra, S. (2021). Meningkatkan Hasil Bimbingan TIK melalui Implementasi Project-Based Learning Berfasilitas Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 187–194. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.36067.
Arikunto, S. (2006). Metodologi Penelitian. Bina Aksara.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Asrori, N. (2022). Media Pembelajaran Olahraga Senam Lantai Dengan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(4), 559–569. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1613
Awaluddin, A., Ramadan, F., Charty, F. A. N., Salsabila, R., & Firmansyah, Mi. (2021). Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(2), 48–59. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1241
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. PT. Raja Grafindo Persada.
Dwiyogo, W. D. (2020). Pembelajaran berbasis Blanded Learning (1st ed.). Raja Grapindo.
Gumilang, D. I., & Patria, A. S. (2022). Kartun Sebagai Komunikasi Visual Caver Album Yourself Band Wrongway. Barik: Jurnal S1 Desan Komunikasi Visual, 4(1).
Gumilar, R., Purnama, S., Millah, H., & Sobur, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Masase Olahraga Berbasis Aplikasi Android. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 8(1), 96–104. https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10378
Hidayat, W., Suwiwa, I. G., & Mashuri, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Pada Materi Teknik Dasar Passing dan Dribbling Bola Basket. Jurnal IKA: Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha, 21(2), 91–98.
Jazuli, Moh., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22
Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 269–278. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.2795
Mashuri, H. (2023). Olahraga dan Kepribadian: Konsep Pembentukan Karakter Insan Olahraga. In A. Wijayanto (Ed.), Unggul dalam Kepelatihan Cabang Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Manajemen Olahraga (pp. 191–197). Akademia Pustaka.
Mashuri, H., Gunarto, P., Adi, I. P. P., Mappaompo, M. A., & Purwanto, D. (2022). Bahan Ajar Digital Ilmu Gizi Olahrga dalam Hybrid Learning: Sebuah Studi Pendahuluan. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/um040v6i1p41-50
Mashuri, H., Puspitasari, I. C., & Abadi, S. M. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga : Sebuah Pandangan Filosofi. Prosiding Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 383–390. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/41/39
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.
Pratama, I. D., Herlambang, T., Kusumawardhana, B., & Royana, I. F. (2020). Go Pong: Media Pembelajaran Teknik Dasar Tenis Meja Berbasis Android. Jendela Olahraga, 5(1), 86–90.
Pribadi, R. B. A. (2019). Pengertian dan Prinsip-prinsip Pengembangan Bahan Ajar. In Pengembangan Bahan Ajar (pp. 1–45). https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/IDIK400902-M1.pdf
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran. Kencana Prenada Media.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan ADDIE model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Pustaka Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)