Struktur dan Kebahasaan Program Semilir Gempol 38 dan Relevansinya sebagai Media Pembelajaran Teks Editorial

Authors

  • N.M.A.P. Santini Universitas Pendidikan Ganesha
  • S.A.P Sriasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.S. Tantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v19i2.35590

Abstract

Tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini adalah; (1) mendeskripsikan struktur dan kebahasaan program Semilir Gempol 38 Radio Guntur Singaraja, (2) mendeskripsikan relevansi program Semilir Gempol 38 sebagai media pembelajaran teks editorial SMA kelas XII. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah program Semilir Gempol 38 edisi 12 Oktober - 9 November 2020. Objek penelitian ini adalah struktur dan kebahasaan program Semilir Gempol 38 serta relevansinya sebagai media pembelajaran teks editorial SMA kelas XII. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) program Semilir Gempol 38 menggunakan struktur judul, pengenalan isu, argumentasi, dan penegasan; (2) program Semilir Gempol 38 memiliki kebahasaan yaitu; ungkapan retoris, kata-kata populer, kata ganti penunjuk, konjungsi kausalitas, dan konjungsi pertentangan; (3) program Semilir Gempol 38 memiliki relevansi sebagai media pembelajaran teks editorial SMA kelas XII. Hal ini dibuktikan dengan keterkaitan program Semilir Gempol 38 dengan kompetensi dasar serta indikator pembelajaran teks editorial SMA kelas XII.

Kata Kunci: Kebahasaan; Struktur; Teks Editorial

References

Ananda, Bayu Rahmat. 2019. Analisis Tajuk Rencana dalam Surat Kabar Kompas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram.

Effendy. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hastuti, Desy dkk. 2019. “Analisis Fitur Kebahasaan Teks Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka dan Kompas Edisi 1 sampai dengan 30 April 2017”. Jurnal Sastra Indonesia, Volume 8, Edisi Khusus (hlm. 138-147).

Hikmat, Mahi M. 2018. Jurnalistik Literary Journalism. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.

KBBI. 2016. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring”. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kustadi, Cecep, dkk. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurismilida. 2016. “Penggunaan Kata Ilmiah dan Kata Populer dalam Penulisan Karya Ilmiah pada Mahasiswa”. Jurnal Sekolah. Volume 1 (1), Edisi Khusus (hlm. 1-5).

Setiawati, Sulis dan Heppy Atma Pratiwi. 2016. “Aspek Kohesi Konjungsi dalam Wacana Opini pada Majalah Tempo dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Gramatika. Volume 1.i1, Edisi Khusus (hlm. 45-56).

Sumadiria, Haris AS. 2007. Menulis Artikel dan Tajuk Rencana; Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sumarsono. 2012. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda & Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles