PENGARUH TINGKAT STRES GURU TERHADAP MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v8i2.166Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah tingkat stres guru dapat mempengaruhi manajemen kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru-guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di wilayah kotamadya Yogyakarta dengan kriteria : (1) mengajar secara rutin di ruang kelas, (2) telah bekerja minimal 3 tahun, dan (3) berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Sebanyak 179 orang guru ikut berpartisipasi sebagai sampel penelitian yang berasal dari 6 SMA Negeri di Kotamadya Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik klaster (cluster random sampling). Instrumen yang digunakan adalah skala tingkat stres dan skala manajemen kelas. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik Regresi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat stres dapat menjadi prediktor yang signifikan bagi manajemen kelas. Berdasarkan hasil pengujian hipotesa ternyata tingkat stres menjadi prediktor dengan arah korelasi negatif bagi manajemen kelas berdasarkan nilai Pearson correlation = - 0.378 dengan nilai signifikansi = 0.000 dan p< 0.05.
Kata kunci : manajemen kelas, tingkat stres guru, sekolah menengah atas