PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DI KELAS IX.12 SMP NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v11i2.1993Abstract
PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DI KELAS IX.12
SMP NEGERI 2 SINGARAJA
oleh
Ni Made Rai Wisudariani
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran berbicara di kelas IX.12 SMP Negeri 2 Singaraja; (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pembelajaran berbicara; (3) respons siswa terhadap pembelajaran; dan (4) permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran berbicara yang berorientasi pada penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas IX.12 SMP Negeri 2 Singaraja sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, angket, dan wawancara. Data yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Data yang didapatkan dari hasil angket dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran berbicara dilakukan dengan mengintegrasi-kan nilai karakter dalam materi dan metode pembelajaran, (2) ada enam belas nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pembelajaran, (3) respons siswa dalam pembelajaran sangat positif, dan (4) permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran, yaitu guru belum memahami sepenuhnya hakikat pendidikan karakter, guru tidak selalu mampu tampil sebagai model yang baik, serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung dalam menerapkan beberapa nilai pendidikan karakter.
Kata-kata kunci: pembelajaran berbicara, nilai pendidikan karakter