MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KOMPETENSI DASAR PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KARTU KENDALI

Penulis

  • Ketut Suardani

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1149

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS 3 SMAN 2 Banjar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kompetensi dasar Pancasila sebagai Ideologi Terbuka dengan menerapkan pembelajaran berbantuan kartu kendali. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tahapan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Banjar, Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 39 orang siswa, yaitu 7 orang siswa perempuan dan 32 orang siswa putera. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan tes prestasi belajar. Tes disusun dalam bentuk pilihan ganda, Data-data penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I sebesar 11,27% dan pada siklus II menjadi 4,47%. Nilai rata-rata Kompetensi Dasar Pancasila Sebagai Idiologi Terbuka 70,27 dengan ketuntasan klasikal 62,16% pada Siklus I, meningkat menjadi 74,74 dengan ketuntasan klasikal 74,36%. Jadi, dengan menggunaan kartu kendali saat proses pembelajaran di kelas dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kompetensi Dasar Pancasila Sebagai Idiologi Terbuka pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Banjar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013

Kata-kata kunci: kartu kendali, hasil belajar, Pancasila

Diterbitkan

2013-03-01

Terbitan

Bagian

Articles