PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPS MA SYAMSUL HUDA TEGALLINGGAH

Penulis

  • Kiki Aulia Rizki MA Syamsul Huda Tegallinggah

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v16i1.19825

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks drama  melaluidrama melalui penerapan model pembelajaran kontruktivisme kelas XI IPS MA Syamsul Huda Tegallinggah, dan (2) mendeskripsikan respons siswa kelas XI IPS MA Syamsul Huda Tegallinggah terhadap penerapan model pembelajaran kontruktivisme. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS MA Syamsul Huda Tegallinggah. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil, dan respons siswa dalam penerapan model pembelajaran Kontruktivisme dalam pembelajaran menulis teks drama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan anggket atau kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) penerapan model pembelajaran kontruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis teks drama siswa. Hal ini dapat dilihat dalam perbandingan skor rata-rata klasikal, yakni pada pratindakan skor rata-rata klasikal 68.33 (cukup), siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 76,39 (baik), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 85,65 (baik); (3) siswa memberikan respons sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran kontruktivisme dalam pembelajaran menulis teks drama. Dari hasil yang telah dicapai, bahwa model pembelajaran kontruktivisme perlu dipertimbangkan sebagai upaya untuk mengoptimalkan proses dan hasil belajar bahasa dan sastra.

Diterbitkan

2019-09-04

Terbitan

Bagian

Articles