PENERAPAN TEHNIK BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SDN 1 PEGUYANGAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Penulis

  • Luh Widyastuti

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v15i1.20185

Abstrak

Berangkat dari latar belakang rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas VI, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama siswa dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan tehnik bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 1 Peguyangan yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi dengan pengumpulan data kuantitatif yang diolah menjadi data kualitatif. Tentang data hasil belajar siswa, dilihat dari rata – rata siklus I ke siklus II telah terjadi peningkatan, begitu juga di siklus III. Bila dibandingkan dengan kreteria PAP, maka hasil belajar telah mengalami peningkatan dari katagori rendah saat pada siklus I menjadi berada pada katagori sedang pada siklus II maupun siklus III. Sedangkan hasil kerjasama pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan. Dari siklus II ke siklus III menunjukkan keajegan (tetap). Apabila dibandingkan dengan PAP maka terlihat dari siklus I berada pada katagori sedang meningkat pada katagori tinggi di siklus II dan III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan tehnik bermain dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas VI SDN 1 Peguyangan

Diterbitkan

2017-03-30

Terbitan

Bagian

Articles