PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PODCAST TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Komang Agus Setiawan
  • Sutama Sutama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Put Mas Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v20i2.45014

Kata Kunci:

podcast, hasil belajar, keterampilan berbicara

Abstrak

Penelitian eksperimen semu ini memilih siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjar yang terbagi menjadi dua kelas yaitu Kelas XI BABUD 1 dan 2 sebagai populasi penelitian. Pemilihan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan secara random sampling. Data skills berbicara dikumpulkan dengan memanfaatkan penilaian kinerja yang dilakukan dalam observasi terstruktur atau observasi terhadap sampel studi individu. Data kemudian dianalisis melalui statistik inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata dalam kategori sangat tinggi (81,80%) dan kelompok kontrol tinggi (75,20%). Dapat terlihat bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan berbicara antara kelompok yang memanfaatkan podcast sebagai media pembelajaran dengan kelompok yang memanfaatkan Google Meet.

Referensi

Bolliger, Supawan & Christine. (2010). Impact of Podcasting on Student Motivation in The Online Learning Environment. Computers Education. 55: 714 – 722.

Bukian, P. A. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran BahasaIndonesia. JurnalIKA, 15(2), 133-145.

Dantes, N. (2017). DesainEksperimendanAnalisisData. PT Raja Grafindo.

Fadilah, E. dkk. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio.Kajian Jurnalisme.1(1).

Harahap, Y. S., & Tanjung, D. S. (2021). Peranan Podcast and Guessing Technique sebagai Media untuk Meningkatkan Skills Berbicara Mahasiswa Bahasa Inggris. 4(1), 401–406.

Lailla, D. (2021). InovasiPerangkatPembelajaranMemakaiAplikasiPodcast. 3, 7–12. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Vogt, dkk. (2009). The Impact of Podcasting on the Learning and Satisfaction of Undergraduate Nursing Student.Nurse Education in Practice, 10, 38 – 42

Waluyo, H. (2015). Peran Guru Bahasa Indonesia dalam KD Kesusastraan untuk Mengoptimalkan Potensi Peserta Didik dalam Kurikulum2013.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-30

Terbitan

Bagian

Articles