ANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN KOMIK DIGITAL WEBTOON ”LUCUNYA HIDUP INI” SERTA IMPLIKASINYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v20i2.47563Kata Kunci:
anekdot, komik, webtoon, media pembelajaranAbstrak
Tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini adalah (1) mendeskripsikan kaidah kebahasaan komik digital Webtoon “Lucunya Hidup Ini”, (2) mendeskripsikan implikasi komik digital Webtoon “Lucunya Hidup Ini” sebagai media pembelajaran teks anekdot pada jenjang SMA. Subjek penelitian ini adalah komik digital Webtoon “Lucunya Hidup Ini” episode 20, 23,35, 42, 93, dan 242. Objek penelitian ini adalah unsur kaidah kebahasaan teks anekdot dalam komik digital Webtoon serta implikasinya sebagai media pembelajaran teks anekdot. Metode pengumpulan data berupa metode simak teknik catat dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikkan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komik digital Webtoon “Lucunya Hidup Ini” meliputi 6 episodetelah ditemukkan enam unsur kebahasaan teks anekdot yang terkandung yaitu berupa kalimat peristiwa lampau, kalimat retoris, konjungsi, kata kerja, kalimat perintah, dan kalimat seru. Cerita ini sudah layak dijadikkan sebagai media pembelajaran teks anekdot karena sudah mencakup setengah dari keseluruhan unsur kebahasaan teks anekdot. (2) Implikasi penggunaan komik digital Webtoon “Lucunya Hidup Ini” sebagai media pembelajaran teks anekdot pada jenjang SMA sangat relevan dengan pembelajaran teks anekdot karena mengandung unsur kebahasaan yang sama. Selain itu Webtoon “Lucunya Hidup Ini” berimplikasi memicu daya tarik siswa dalam pembelajaran
Referensi
Anita, Ria. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Animasi Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis. Lampung: Universitas Lampung.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Istiqomah, Maman, Septiaji, dan Suherli. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemendikbud. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia Untuk SMA/SMK/MAK Kelas X (Edisi Revisi 2016). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Line Webtoon. Dalam https://www.Webtoons.com/id/ (Diakses pada 5 Desember 2021).
Masruroh, Ngafi. 2018. Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X1 MA Miftahul Ulum Toabo Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nanda dan Miswar. 2021. “Pemanfaatan Media Foto Karikatur untuk Menaikkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X MAN Pidie”. JIRA (Junal Inovasi dan Riset Akademik), Volume 2 No. 1 (hlm 107-116) https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.77.
Nazirun, Mukhlis, dan Ermawati. 2020. “Struktur dan Kaidah Teks Anekdot dalam Kumpulan Cerita Abu Nawas”. Jurnal Gerakan Aktif Menulis (Geram), Volume 8 No. 1 (hlm 60-69) https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(1).4964.
Putra, Gumilang. 2017. Analisis Semiotika Komik Sebagai Media Kritik Sosial (Studi Pada Komik “Mice” di Harian Kompas Periode 21 Juni sampai dengan 16 Agustus 2015). Lampung: Universitas Lampung.
Ramlah, Ida Lestari. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Anekdot dengan Gambar Karikatur untuk Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan”. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, Volume 4 No. 2 (hlm 254-263) https://journal2.um.ac.id/index.php/basindo.
Rifai, Badiya. 2019. E-Modul Bahasa dan Sastra Indonesia kelas X : Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot. Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sari, Vina Novita. 2017. “Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot dalam Buku ‘Mati Ketawa Cara Daripada Soeharto’ sebagai Alternatif Pemilahan Bahan Ajar di SMA”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, Volume 7 No. 2https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.12408.
Satya, Bobby. 2020. “Kajian Industri Komik Daring Indonesia Studi Kasus: Komik Tahilalats”. Jurnal Seni Rupa Warna, Volume 8 No. 1 (hlm 2-18)https://doi.org/10.36806/.v8i1.79.
Siti, Suherli, dan Yusida. 2021. “Development Of Anecdote Text Teaching Material Based On Moral Value”. International Journal of Secondary Education, Volume 9 No. 2 (hlm 38-44)https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20210902.11.
Sutji Harijanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA: Makna Tersirat dalam Teks Anedkot Bahasa Indonesia Kelas X. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tety, Malan, dan Abdurahman. 2019. “Devolopment of Writing Anecdote Text Based on Meme Comic Using Interactive Multimedia on Students in Grade 10th of MAS Islamiyah YPI Batangkuis”. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, Volume 2 No. 3 (hlm 247-253) https://doi.org/10.33258/birle.v2i3.370.
Wiwin, Teti, dan Heri. 2021. “Pengaruh Penggunan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII-A SMPTN 10 Cibinong”. Jurnal Parole (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 4 No. 1 (hlm 223-228) ) https://doi.org/10.22460/p.v4i1p223-228.7056