KONTRIBUSI MOTIVASI DAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MASA ENDEMI

Penulis

  • Hijriyah Hijriyah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sri Indriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Wirahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v20i2.52771

Kata Kunci:

motivasi, pengawasan orang tua, prestasi belajar

Abstrak

Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan pengawasan orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas XII MIPA 2 di MAN Buleleng pada masa endemi. Penelitian ini dilator belakangi oleh hasil observasi peneliti saat melakukan PPL-Adaptif  dikelas XII MIPA 2 MAN Buleleng. Peneliti menemukan rendahnya aktifitas belajar siswa yang ditandai dengan adanya siswa yang kurang aktif saat mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, namun ketika guru memberikan apresiasi berupa penambahan skor keaktifan kepada beberapa siswa yang aktif dalam pembelajaran, siswa yang lain turut ikut aktif dalam pembelajaran selanjutnya. Peneliti menduga adanya factor motivasi yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Selain itu, orang tua juga berperan penting dalam mengawasi, membimbing, serta memberikan arahan terhadap aktivitas belajar siswa yang dilakukan di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen data berupa lembar observasi, lembar angket/kuisioner, sedangkan analisis data menggunakan uji analisis linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji regresi berganda. Pada uji analisis linear berganda menghasilkan nilai konstanta (a) 69,174, koefisien X1 sebesar 0,295, koefisien X2 sebesar 0,373. Pada uji keofisien determinasi, persentase kontribusi pengaruh variable motivasi dan pengawasan orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia sebesar 69,9%. Pada uji regresi ganda nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil daripada 0,05, sehingga dapat disimpulkan motivasi dan pengawasan orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas XII MIPA 2 di MAN Buleleng.

Referensi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bimo, Walgito. 1989. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offsett.

Departemen Pendidikan Nasional. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Suntingan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta. Dalam http://github.com/yukuku/kbbi4

Dibia, I Ketut dan I Putu Mas Dewantara. 2013. Bahasa Indonesia Keilmuan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ghullam Hamdu, L. A. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No. 1.

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.

Meokbun, Naftali, dkk. 2010. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi”. Jurnal Edumatsains. Vol. 2.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogo: Ghalia Indonesia.

Nurjan, Syarifan. 2016. Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Grup.

Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Sadirman. 2016. Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Wali Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofia, Zahara. 2020. “Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial di Tengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Kaloborasi Resolusi Konflik, Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP. Padjadjaran, Vol. 3.

Sudjono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah. B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukuran: Analisi di Bidang Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wendra, I Wayan. 2019. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Zain Meliani. 2018. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Labuhanhaji Aceh Selatan. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-30

Terbitan

Bagian

Articles