EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS DARING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANGLI TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v20i2.52778Kata Kunci:
Efektivitas Pembelajaran, PJOK, DaringAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran PJOK berbasis daring untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Bangli tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang pergunakan pada penelitan ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif fenomenologi.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Bangli dengan jumlah keseluruhan 281 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tarap kesalahan 5% sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 155 orang peserta didik kelas X, serta 1 orang Guru PJOK kelas X di SMA Negeri 1 Bangli. Adapun teknik pengumpulan data yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran PJOK berbasis daring di SMA Negeri 1 Bangli dinyatakan kurang efektif, disebabkan beberapa alasan yaitu: (1) pembelajaran daring mempersulit proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik, (2) pembelajaran tatap muka lebih menyenangkan dari pembelajaran daring, (3) adanya kendala seperti terbatasnya jaringan internet, kuota belajar, dan kadang-kadang aplikasi susah untuk diakses. (4) tujuan pembelajaran yang kurang tercapai. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran PJOK secara daring kurang efektif terlaksana dalam pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Bangli.
Referensi
Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136
Cipta Gusti Sri, dkk. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid 19.Medan : Yayasan Kita Menulis.
Kanca, I Nyoman.2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Kanca, I Nyoman & Wijaya, Made Agus. 2018. Buku Aajar Paradikma Baru Pembelajaran PJOK.Singaraja : Undiksha Press.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Mashud, M. 2019. "Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga", 17(2).
Mustakim.(2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. http://jurnal.uinalauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/1364 6 diakses pada 23 Agustus 2020
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.
Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73.
Rosmita. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020). Universitas Jambi.
Suci, M. P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’Arif Sarolangun. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2), 59–68.
Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Prof. Dr. Sugiyono (ed.); 26th ed.). ALFABETA.