Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Materi Passing Bola Voli Sekolah Dasar

Penulis

  • Ketut Pasek Martini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sukarata Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v22i1.77066

Kata Kunci:

media pembelajaran, bola voli, website

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website materi passing bola voli untuk peserta didik kelas V SD N 1 Sari Mekar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), rancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subyek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD N 1 Sari Mekar. Instrumen yang digunakan yaitu, skala 5 dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil persentase uji ahli isi/materi pembelajaran 98% berkualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran 97,1 % berkualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran 92% berkualifikasi sangat baik, uji kepraktisan kelompok kecil 82% berkualifikasi sangat praktis, dan uji kepraktisan kelompok besar 85% berkualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran berbasis website materi passing bola voli untuk peserta didik kelas V SD N 1 Sari Mekar sangat layak digunakan untuk peserta didik Sekolah Dasar (SD) sebagai sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pembelajaran.

Referensi

Aulia, D., & Khalid Riefani, M. (2021). Google Site as a Learning Media in the 21st Century on the Protista Concept. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(3), 173–178. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bino

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Eunice, N. & N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas IV. 5(6), 6040–6048.

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934.

Mashudi, R. M., Sahra, R. N. A., Ridanti, R. A., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Site Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(8), 931–942.

Mz, Z. A., & Thahir, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa SMK Negeri 5Pekanbaru. 1(1), 25–33.

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693

Pratama, I. K. D., Lanang, I. G., Parwata, A., & Suwiwa, I. G. (2021). Media Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bolavoli Berbasis Video Tutorial. 5(2), 263–269.

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90.

Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL). Education, 1(1), 1–12.Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Suwiwa, et al. (2020). Jurnal Kejaora : Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga. 5(November), 12–18.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles