Peran Literasi Jasmani dalam Partisipasi Aktivitas Jasmani pada Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v22i1.77101Kata Kunci:
peserta didik, literasi fisik, aktivitas fisikAbstrak
Literasi fisik merupakan gambaran seseorang yang memiliki motivasi, kepercayaan diri, kompetensi fisik, pengetahuan dan pemahaman untuk menilai dan mengambil bagian dalam aktivitas fisik sepanjang hayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran literasi fisik dalam partisipasi akivitas fisik pada peserta didik di SMA PGRI 2 Palembang, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif, metode pada penelitian ini yaitu metode korelasi atau korelasional. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket spainsh perceived physical literacy (SPPL) dan global physical activity questinnaire (GPAQ) untuk aktivitas fisik. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 160 (L=64 dan P=96) peserta didik dengan usia 14 - 16 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis Chi-square. Langkah-langkah penelitian ini mengkategorikan data dan melakukan analisis data yaitu menguji hubungan variabel literasi fisik dan aktivitas fisik. Berdasarkan hasil uji chi-square pada penelitian ini menunjukan adanya hubungan signifikan antara literasi fisik dalam aktivitas fisik pada peserta didik. Dan dari hasil uji chi-square di dapatkan nilai p-value 4515.234, dengan menggunakan alfa sebesar 0,05 maka nilai p-value atau sig <0,05 atau di dapatkan nilai hitung sebesar 4515.234, sehingga terdapat pengaruh peran literasi fisik dalam aktivitas fisik peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat di simpulkan. Bahwa peran literasi fisik menjadikan peserta didik aktif melakukan aktivitas fisik. Peran literasi berupa motivasi, kepercayaan diri, kompetisi fisik, pemahaman dan pengetahuan membawa mereka
Referensi
Allingham, S., Maude, P., & Whitehead, M. (2019). Physical literacy in early childhood. The Physical Development Needs of Young Children, September, 18–32. https://doi.org/10.4324/9780429469831-3
Amanati, S., & Jaleha, B. (2023). Hubungan Antara Aktifitas Fisik Terhadap Cardiorespiratory Fitness Effect Of Physical Activity On Cardiorespiratory Fitness. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi, 7(1), 30–33 https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v7i1.197
Change, G., Change, G., Cimino, M., York, N., Alifah, U., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., Chinatown, Y., Staff, C., & Change, G. (2021). change, g: change, global. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6. https://doi.org.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/13793
Cornish, K., Fox, G., Fyfe, T., Koopmans, E., Pousette, A., & Pelletier, C. A. (2020). Understanding physical literacy in the context of health: a rapid scoping review. BMC Public Health, 20(1). https://doi.org/10.1186/s12889-020-09583-8
Effendy, S., Gunawan, M. F., Lintang, D., Argoputra, A., Anggraeni, P. D., & Abraham, Y. B. (2018). the Relationship Between Physical Activity and Obesity Based on Body Fat Percentage in Banjaroyo Village. International Physical Activity Jurnal Farmasi Sains dan Komunitas, 15(1), 29–36. http://dx.doi.org/10.24071/jpsc.151963
Fathiyati, T. N., Permana, R., & Saleh, Y. T. (20
. Instrumen Tes Literasi Jasmani Domain Kompetensi Fisik untuk Siswa Sekolah Dasar. 10(1), 17–23. https://doi.org.ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/43287
Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33
FITRI, A. D., & Bayu, W. I. (2022). Hubungan Antara Aktivitas Fisik Terhadap Depresi, Kecemasan, Dan Tingkat Stres Pada Peserta Didik Sma Negeri 3 Lubuklinggau. https://repository.unsri.ac.id/74902/%0Ahttps://repository.unsri.ac.id/74902/3/RAMA_85201_06061181823067_0731018801_01_front_ref.pdf
Friskawati, G. F., & Stephani, M. R. (2021). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Analysis Research Trends of Physical Literacy in Indonesia Affiliation2 : Physical Education Teacher Education for Elementary School , Universitas. 5(2), 1–7. https://doi.org/10.25299/sportarea.2022.vol7(3).10019
Husnayai, A. 2020. (2020). Fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri yogyakarta tahun 2020. https://doi.org.uny.ac.id/68498/1/fulltext.pdf.pdf
Inasari Dewi, 2017. (2017). M. Dan et al. 8–25. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/14841/5/BAB%20II.pdf
Iyakrus, I., Bayu, W. I., Solahuddin, S., Usra, M., Yusfi, H., Victorian, A. R., & Ramadhan, A. (2022). Physical Activity of Prospective Physical Education Teachers During the Covid-19 Pandemic. Physical Education Theory and Methodology, 22(4), 473–477. https://doi.org/10.17309/tmfv.2022.4.03
Leonardo, C., Dary, & D. Christovel, D. (2021). Gambaran Status Gizi dan Aktivitas Fisik Remaja Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 6(12), 7250–7257. https://doi.org/10.30651/jkm.v6i4.9621
Liu, Y., & Chen, S. (2021). Physical literacy in children and adolescents: Definitions, assessments, and interventions. European Physical Education Review, 27(1), 96–112. https://doi.org/10.1177/1356336X20925502
López-Gil, J. F., Martínez-Vizcaíno, V., Tárraga-López, P. J., & García-Hermoso, A. (2023). Cross-cultural adaptation, reliability, and validation of the Spanish perceived physical literacy instrument for adolescents (S-PPLI). Journal of Exercise Science and Fitness, 21(3), 246–252. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2023.03.002
Lundvall, S. (2015). ScienceDirect Physical literacy in the field of physical education e A challenge and a possibility. Journal of Sport and Health Science, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.02.001
Matematika, J., Universitas, F., Soedirman, J., Penasun, A., Psikotropika, N., Kesehatan, K., & Chi-square, U. (2018). PENGGUNAAN UJI CHI – SQUARE UNTUK MENGETAHUI PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN UMUR TERHADAP PENGETAHUAN PENASUN MENGENAI HIV – AIDS DI PROVINSI DKI JAKARTA Igo Cahya Negara Agung Prabowo Jurusan Matematika , http://doi.orl.matematika.fmipa.unsoed.ac.id/wp-content/uploads/3.-igo-dkk.pdf
Nursalam, & Fallis, A. . (2016). Gambaran Aktivitas Fisik Pada Penderita Hipertensi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.http://repository.unissula.ac.id/29897/1/Ilmu%20Keperawatan_30901900059_fullpdf.pdf
Permana, R., & Alfadh, H. (2021). Analisis Assesmen Literasi Jasmani Dengan Kebutuhan Pembelajaran Pjok Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 0(0), 221–226. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/148
Priadana, B. W., Saifuddin, H., & Prakoso, B. B. (2021). Kelayakan pengukuran aspek pengetahuan pada instrumen physical literacy untuk siswa usia 8-12 tahun. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 20(1), 21. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9675
Rahmah, S. R. A. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Berat Badan pada Remaja Selama Masa Pandemi Covid-19 Kota Bengkulu. 8–9, 13–14. http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/790/1/FIX%20SKRIPSI%20SITI%20RUKMA%20AFIA%20RAHMAH.pdf
Robinson, D. B., Randall, L., & Barrett, J. (2018). Physical Literacy ( Mis ) understandings : What do Leading Physical Education Teachers Know About Physical Literacy ? Physical Literacy : Can There be One De fi nition Understood. 1–11. https://doi.org/10.1123/jtpe.2018-0135
Roetert, E. P., & MacDonald, L. C. (2015). Unpacking the physical literacy concept for K-12 physical education: Whatshould we expect the learner to master? Journal of Sport and Health Science, 4(2), 108–112. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.03.002
Tahki, K. (2020). PERMBERDAYAAN LITERASI FISIK PADA MANUSIA ( STUDI KASUS DI PANTI JOMPO TRESNA WERDHA BUDI MULIA 3 JAKARTA ). 204–210. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25645
Utami, Hatijah, & Shofiya. (2016). Efek Aktivitas Fisik Terhadap Status Gizi Remaja di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Gizikes, 2(1), 122–128. http://journal.poltekkesdepkes-sby.ac.id/index.php/GZ/article/view/358/292
Wungow, L., Berhimpong, M., & Telew, A. (2021). Tingkat Aktivitas Fisik Mahasiswa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Manado Saat Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Masyarakat UNIMA, 02(03), 22–27. https://doi.org/10.53682/ejkmu.vi.1732