Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization Berbantuan Media Tutorial Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Shooting Free Throw Bola Basket

Penulis

  • Afrizal Alanurdin Ahmad Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wahjoedi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v22i1.77240

Kata Kunci:

hasil belajar, Bola Basket, TAI, media tutorial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PJOK materi shooting free throw bola basket melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams asissted individualization berbantuan media tutorial pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Kabat Banyuwangi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan sebanyak dua siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Kabat yang berjumlah 34 peserta didik terdiri dari (15 laki-laki serta 19 perempuan). Pengumpulan data  dilaksanakan pada 3 aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik. Hasil belajar pada siklus I terlihat ketuntasan belajar peserta didik adalah sebagai berikut: aspek afektif 12%, aspek kognitif 24%, psikomotorik 9%. Hasil belajar siklus II pada aspek afektif 88%, aspek kognitif 91%, aspek psikomotorik 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terlihat bahwa hasil belajar shooting bola basket meningkat dari implementasi model pembelajaran tipe team asissted individualization berbantuan media tutorial. Hal ini diketahui dari meningkatnya presentase ketuntasan belajar nilai rata-rata siklus sehingga dinyatakan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization berbantuan media tutorial dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Kabat Banyuwangi.

Referensi

Budiatno, L. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Kelas X SMA Negeri 9 Pekanbaru. Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development ( CPD ) for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. 14, 948–955.

Fatahillah, A. (2018). Hubungan Kelincahan dengan Kemampuan Dribbling pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 11–20. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.131

Hanifah, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Kasihan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ibrahim, M. dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Khotimah, K., & Mansur, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menjumlahkan Dan Mengurangkan Pecahan. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 5(02), 175. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i02.1211

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74

Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media Pembelajaran, Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13598

Sharan, S. (2014). The Handbook of Cooperative Learning: Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Untuk Memacu Keberhasilan Siswa Di Kelas (Edisi Cet.). Yogyakarta: Istana Media.

Slavin, R. E. (2014). Cooperative Learning and Academic Achievement: Why Does Groupwork Work? Anales de Psicología, 30(3), 785–791. http://dx.doi.org/10.6018/analesps.30.3.201201%5Cnhttp://revistas.um.es/analesps

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles