Model Pembelajaran Pair Checks Berbasis Tat Twam Asi Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28901Kata Kunci:
Pair Checks, TTA, PPKnAbstrak
Berdasarkan permasalahan yang ditemui yaitu rendahnya kompetensi pengetahuan PPKn siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengkomunikasikan pengaruh yang signifikan model pembelajaran Pair Checks berbasis Tat Twam Asi terhadap kompetensi pengetahuan PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 62 orang yaitu kelompok eksperimen dengan jumlah 30 orang siswa dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 32 orang Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Data kompetensi pengetahuan PPKn siswa dikumpulkan menggunakan metode tes, dengan jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol ( = 79,56 > = 72,08). Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan derajat kebebasan (dk = 30 + 32 – 2 = 60) dan pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel (3,113>2,000) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran Pair Checks berbasis Tat Twam Asi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn.
Referensi
Ahmad, F. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Terpadu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa”. Jurnal Sainsmat, Vol.2 (Halaman 137-142).
Ananda, R. 2018. “Peningkatan Pembelajaran PKn Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota”. Jurnal Basicedu, Volume 2, Nomor 1 (halaman 34-42).
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arni Rahayuni, N. P., Sri Asri, I. G. A. A., & Suniasih, N. W. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKN SISWA KELAS IV. Mimbar Ilmu.
Arsani, N. K., Suarni, N. K., & Kusmaryatni, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV. E-Jounal PGSD.
Atmaja, Nada., dkk. 2011. Etika Agama Hindu. Surabaya :Paramita.
Bagja, S. W., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan 1. Jurnal Rontal Keilmuan PKn.
Erman. 2008. “Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Budaya, Volume 5 Nomor 2 (halaman 1-31).
Ermavianti, D., & Sulistyorini, W. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Membangun Keterampilan Bertanya Produktif Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9350
Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI KELAS IV MI TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.
Ibrahim. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make-A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, Vol.3, No.2 (Halaman 199-211).
Ihsan. 2017. “Kecenderungan Global dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah”. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol.2, No.2 (Halaman 49-58).
Kasminah, K. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7886
Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Repbulik Indonesia. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Ristekdikti.
Kristin, F. 2016. “Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dai Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD”. Jurnal Scholaria, Volume 6, Nomor 2 (halaman 74-79).
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Mardika, 2017 “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2.
Mega, N. L. G., Dewi, P., Asri, I. G. A. A. S., & Wiyasa, I. K. N. (2014). MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SD. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Miswandi, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.2018. Jakarta : Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. diakses pada tanggal: 1 juni 2020.
Prakoso, G. A. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DAN NUMBERED-HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS 4 SDN GUGUS MAHESA JENAR AMBARAWA. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Puspita, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd Gugus Ii Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1, Nomor 1. Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id (diakses pada tanggal 22 Oktober 2019).
Rismayani, N. L. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Indexed.
Selly Lindayani, N. P., Putra, M., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clrification Technique Bermuatan Nilai Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Thinking Skills and Creativity Journal. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20709
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalamKurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sumarni, Harun, A. H., & Imran. (2014). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan. Jurnal Kreatif Tadulako Online.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasat. In Biomass Chem Eng.
Susanto, A. 2012. Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia. diakses pada tanggal: 3 Oktober 2019
Wesi Kusuma, I. G. L. A. (2018). Implementasi Ajaran Tat Twam Asi Terhadap Mahasiswa Penyandang Tunanetra Di IHDN Denpasar. Jurnal Penelitian Agama Hindu.
Yanti, K. I. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.
Yulia Citra, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.