PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780Kata Kunci:
Kata Kunci, pendidikan multikultural, kearifan lokal, siswa SD.Abstrak
Abstrak
Indonesia menjadi negara yang multikultural sebagai kekayaan suatu bangsa harus dilestarikan. Salah satu solusi yang dapat ditempuh ialah menanamkan pendidikan yang dapat dilakukan melalui multikultural berbasis kearifan lokal. Pengenalan multikultural berbasis kearifan diharapkan mampu membangun karakter anak bangsa yang memahami, menerima dan menghargai orang lain yang berbeda suku, adat istiadat, agama, dan nilai kepribadian. Penanaman semangat multikultural di Sekolah Dasar (SD), akan menjadi sarana pelatihan dan penyadaran bagi generasi muda untuk menerima dan menghargai semua perbedaan yang multikultural. Artikel ini ditulis guna memberikan gambaran mengenai pentingnya multikultural dan implikasinya pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal bagi siswa SD. Guna memperoleh data tentang konsep multikultural, penulis melakukan kajian kepustakaan dengan teknik analisis data yaitu analisis konten. Begitu pentingnya pendidikan multikultural maka guru SD harus mendesain proses pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal yang menjadi bagian dari kontribusi positif untuk membina sikap nasionalisme dan sikap multikultural para siswa sejak dini.
Kata Kunci: pendidikan multikultural; kearifan lokal; siswa SD.
Referensi
Banks J. A. & C. A. McGee Banks. (2001). Multicultural education, issues and perspectives. Allyn and Bacon.
Brown, I. . . (1963). Understanding Other Cultures. nglewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.
Eko, P. S., Eko, H., Munandar, M. A., & Rachmand, M. (2020). Local wisdom: Pillar development of multicultural nations and national education values. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(6), 1587–1598. https://doi.org/10.18844/CJES.V15I6.5319
Eldering, L. (1996). Multiculturalism and Multicultural Education in an International Perspective. Anthropology & Education Quarterly, 27(3), 315–330. https://doi.org/10.1525/aeq.1996.27.3.04x0352n
Gay, G., & Howard, T. C. (2000). Multicultural teacher education for the 21st century. Teacher Educator, 36(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/08878730009555246
Ishmuradova, I. I., & Ishmuradova, A. M. (2019). Multicultural education of students as an important part of education. International Journal of Higher Education, 8(7), 111–115. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n7p111
Karacabey, M. F., Ozdere, M., & Bozkus, K. (2019). The attitudes of teachers towards multicultural education. European Journal of Educational Research, 8(1), 383–393. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.1.383
Kartika, T. (2016). Verbal Communication Culture and Local Wisdom: The Value Civilization of Indonesia Nation. Lingua Cultura, 10(2), 89. https://doi.org/10.21512/lc.v10i2.1424
Kaya, I., & A. H. (2013). Turkiye’de anadilde egitim sorunu: Zorluklar, deneyimler ve ili dilli egitim modeli onerileri. Ukam.
Kerr, R., & Merciai, I. (2016). EMMA: Towards multicultural learning. The EuroCALL Review, 24(1), 53. https://doi.org/10.4995/eurocall.2016.5696
Kurniawan, E., Astuti, T. M. P., Utomo, C. B., & Trimasukmana, D. J. (2019). Using media literacy to prevent the dangers of hoaxes and intolerance among the students of Universitas Negeri Semarang. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(7), 1–13.
Rismayanti, & Nusarastriya, Y. H. (2020). Upacara Adat Pemakaman Mengenang Leluhur ( Ma ’ Nene ) Di Toraja, Lembang Bulalangkan Kecamatan Rinding Allo Toraja. Jurnal Adat Dan Budaya, 2(2), 118–132.
Sela-Shayovitz, R., & Finkelstein, I. (2020). Self-efficacy in teaching multicultural students in academia. International Journal of Higher Education, 9(1), 159–167. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n1p159
Suryana, Y. dan R. (2015). Pendidikan Multikultural"Satu Pneguatan Jati Diri Bnagsa". CV. Pustaka Setia.
Tilaar, H. A. R. (2004). Multikultural, Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Grasindo.
Yun, P. H., & Zhang, P. C. J. (2017). The Significance of the Multicultural Education Based on the Experiential Learning of a Local Community. European Journal of Social Sciences Education and Research, 10(2), 248. https://doi.org/10.26417/ejser.v10i2.p248-252