Faktor-Faktor Penentu Harga Jual Paket Kremasi

Authors

  • Novi Sri Paramita Program Studi S1 AKuntansi Jurusan Ekonomi dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Lucy Sri Musmini Program Studi D3 AKuntansi Jurusan Ekonomi dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v13i02.26666

Abstract

This research aimed at revealing the background of the establishment of the Dharma Kusuma Crematorium and revealing the determinants of the selling price of crematorium packages in the Dharma Kusuma Crematorium. The research method was descriptive qualitative which consisted of teo types of data, namely primary data and secondary data. The method of data collection was carried out using observation techniques, interview techniques and documentation techniques. The results of this research indicated that the establishment of the Dharma Kusuma Crematorium to reduce the costs of the Ngaben ceremony for families who lack funds and have the goal to provide services to the community, the determining factor for the selling price of cremation packages in the Dharma Kusuma Crematorium is calculated from the facilities and infrastructure provided by the crematorium.

Keyword: Crematorium, Ngaben, Selling Price

References

Anwar, S. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Damayanti, N. P. A., Purnamawati, I. G. A., & Atmadja, A. T. 2017. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Kain Endek Sutra Warna Alam Untuk Mengetahui Harga Jual Produk Pada Usaha Tenun Ikat Swastika (Traditional Weavers). e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 7, No. 1.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Komara, B., & Sudarma, A. 2016. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada CV Salwa Meubel. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi. Volume 5, No. 9, hlm. 18–29.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya Buku 1 Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.

Shaluhiyah, Z. 2013. Pemasaran Sosial Program Kesehatan. Semarang: Bagian Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Siregar. 2014. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Suadityawan, I. P., Kebayantini, N. L. N., & Arjawa, I. G. P. B. S. 2015. Interaksi Sosial dalam Pelaksanaan Ritual Keagamaan Masyarakat Hindu-Bali (Studi Pada Ritual Ngaben Di Krematorium). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT). Volume 1, No. 3.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatf, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Yuniari, N. K., Wahyuni, M. A., & Dewi, P. E. D. M. 2017. Analisis Ketepatan Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing sebagai Dasar Dalam Menentukan Harga Jual Ukiran Sanggah (Pelinggih) Pada Usaha Sari Uma Dukuh Sidemen. e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 8, No. 2.

Downloads

Published

2022-09-18

How to Cite

Paramita, N. S., & Musmini, L. S. (2022). Faktor-Faktor Penentu Harga Jual Paket Kremasi. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(02), 423–432. https://doi.org/10.23887/jap.v13i02.26666

Most read articles by the same author(s)