Mengungkap Sistem Pengendalian Intern Kredit Macet Dengan Menerapkan Sanksi Adat Pada Subak Desa Pakraman Sebatu (Studi Pada Subak Desa Pakraman Sebatu)

Authors

  • I Made Eris Darmayoga Universitas Pendidikan Ganesha
  • Lucy Sri Musmini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v13i3.54704

Abstract

Studi ini memiliki dasar tujuan yakni melihatsistem pengendalian intern kredit pada Subak, permasalahan yang terjadi dalam penerapan sistem pengendalian intern kredit dan untuk mengetahuai bagaiman sistem pengendalian intern kredit macet dengan menerapkan sanksi adat di Subak Desa Sebatu. Peneitian ini dilakukan di Subak Sebatu, Banjar Sabatu, Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Studi ini memakai metode kualitatif. Data studi diambil dengan cara wawancara bersama Ketua Subak Sebatu, Pekaseh Subak Desa Pakraman Sebatu, serta nasabah sekaligus anggota Subak Desa Pakraman Sebatu. Studi ini menerapkan cara analisis data melalui reduksi data, penyampaian data, analisis serta pembuatan kesimpulan. Hasil studi ini memperlihatkan kenapa bisa terjadi kredit mace yakni karena lemahnya pengendalian pada internal kredit, masyrakat yang kurang sadar, serta situasi perekonomian masyarakat. Upaya yang dijalankan dalam mencari solusi dari persoalan kredit macet itu Subak Sebatu menerapkan konsep sanksi adat yaitu melakukan pembaharuan pada sistem pengendalian internal, serta pendekatan masyarakat dengan dasar prinsip saksi adat.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Darmayoga, I. M. E., & Musmini, L. S. (2022). Mengungkap Sistem Pengendalian Intern Kredit Macet Dengan Menerapkan Sanksi Adat Pada Subak Desa Pakraman Sebatu (Studi Pada Subak Desa Pakraman Sebatu). Jurnal Akuntansi Profesi, 13(3), 809–817. https://doi.org/10.23887/jap.v13i3.54704

Most read articles by the same author(s)