Analisis Akuntnasi Biaya Dalam Pembentukan Harga Jual Telur Infertil Dan Pemasarannya Kepada Konsumen (Studi Kasus pada Distributor di Br. Peneng, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali)

Authors

  • putu edi pratama
  • Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v13i02.35408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi biaya dalam penentuan harga jual, dampak penerapannya bagi distributor, strategi pemasaran dan penyusunan laporan keuangan yang dilakukan oleh distributor telur infertile dan telur diss. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti akan melakukan observasi langsung ke lapangan serta mengumpulkan data-data yang akan dianalisis berdasarkan pengamatan dan pengetahuan peneliti. Penelitian ini dilakukan pada distributor telur infertile dan telur diss di Br. Peneng, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan analisis data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menyatakan bahwa distributor telur infertile dan telur diss belum menerapkan konsep akuntansi biaya dalam penentuan harga jual padahal dengan diterapkannya konsep akuntansi biaya, usaha akan memperoleh keuntungan yang lebih besar melalui harga jual yang tepat. Selama ini strategi pemasaran yang dilakukan oleh distributor dengan memberikan harga yang terjangkau dan mengantarkan pesanan ke konsumen. Distributor tidak membuat pencatatan laporan keuangan karena tidak paham ilmu akuntansi.

 

Kata kunci: akuntansi biaya, harga jual, telur infertile, telur diss

Downloads

Published

2022-09-18

How to Cite

pratama, putu edi, & Dewi, P. E. D. M. . (2022). Analisis Akuntnasi Biaya Dalam Pembentukan Harga Jual Telur Infertil Dan Pemasarannya Kepada Konsumen (Studi Kasus pada Distributor di Br. Peneng, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali). Jurnal Akuntansi Profesi, 13(02), 466–476. https://doi.org/10.23887/jap.v13i02.35408