Pengaruh Sumber Daya Manusia, Ineffective Monitoring, Dan Perilaku Tidak Etis Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pada Bumdes Se-Kecamatan Sawan

Authors

  • I Kadek Arianta Yasa
  • Edy Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v14i01.43137

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumber daya manusia, ineffective monitoring, dan perilaku tidak etis terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi pada bumdes se-kecamatan sawan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Adapun populasi yang digunakan adalah seluruh pegawai yang bekerja di Bumdes Se-Kecamatan Sawan sejumlah 137 orang. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria responden adalah kepala bumdes, sekretaris, dan bendahara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, pengukuran variabel, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sumber daya manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, ineffective monitoring, dan perilaku tidak etis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.

References

Aprilia, R. (2017). Pengaruh Financial Stability, Personal Financial Need, Ineffective Monitoring, Change In Auditor Dan Change In Director Terhadap Financial Statement Fraud Dalam Perspektif Fraud Diamond (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efe. Doctoral dissertation, Riau University.

Ariastini, N. K. D., Yuniarta, G. A., & Kurniawan, P. S. (2017). Pengaruh Kompetensi SDM, SPIP, Proactive Fraud Audit terhadap Kecurangan Akuntansi. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesh, Vol 8 (2).

Basar, N. (2018). Pengaruh Profesionalisme Aparat Inspektorat Terhadao Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, Vol 5 (1).

Crowe, H. (2011). Why The Fraud Triangle Is No Longer Enough. In Horwath, Crowe LLP.

Fazini, H. N. (2018). Pengaruh Sumber Daya Manusia dan Pengendalian Internal terhadap Kecurangan Akuntansi Studi Pada PT. Pegadaian (Persero) di Kota Banda Aceh). Electronic Thesis Dessertasion.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 : Update PLS Regresi. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kholid, R. K. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Fraud (Studi Empiris pada Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Lampung). Universitas Lampung.

Kieso, W., & Warfield. (2008). Akuntansi Intermediate, Edisi Kedua Belas. Erlangga.

Lestari, A. C. D., Sujana, E., & Julianto, I. P. (2017). Pengaruh Opportunity, Pressure, Rationalization, Dan Perilaku Tidak Etis Terhadap Kecenderungan Terjadinya Kecurangan (Studi Empirispada Hotel Golden Tulip Essential Denpasar). Jurnal Ilmiah Akuntansi Undiskha, Vol. 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/13634/8499

Pramudita, A. (2013). Analisis Fraud Di Sektor Pemerintahan Kota Salatiga. Accounting Analysis Journal, Vol 2 (1), hlmn 35-43.

Purnomo, U. (2020). Pengertian BUMDesa, Fungsi, Tujuan dan Manfaat. Diakses tanggal 17 Juli 2021 pada https://balingasal.kecpadureso.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/164/ 465#:~:text=Badan Usaha Milik Desa%2C.

Rahmah, R. N., & Haryoso, P. (2018). Pengaruh Moralitas Individu, Efektifitas Pengendalian Internal, Asimetri Informasi, Ketaatan Aturan Akuntansi, Dan Perilaku Tidak Etis Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Sragen). ADVANCE (Jurnal of Accounting), Vol 5 (2).

Ratminto. (2006). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.

Rri.co.id. (2021). Perkembangan Bumdes Buleleng di tengah Pendemi. DIakses tanggal 18 Juli 2021 pada https://rri.co.id/singaraja/daerah/1053429/perkembangan-bumdes-di-buleleng-ditengah-pandemi

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2008.

Sadono, S. (2006). Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan. Prenada Media Group.

Sanuari, N. (2016). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Kesesuaian Kompensasi, dan SDM terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris pada Kantor BUMN Kota Padang). Jurnal Akuntansi, Vol 2(1). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/907

Sari, S. T., Dp, E. N., & Rusli. (2016). Pengaruh Financial Stability, External Pressure, Financial Targets, Ineffective Monitoring, Rationalization pada Financial Statement Fraud dengan Perspektif Fraud Triangle (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan Periode 2012-2014 yang Terdaftar di Bursa. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 3, no, 664–678.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tuanakotta, T. M. (2012). Akuntansi Forensik dan Audit Investigatis Edisi 2. Salemba Empat.

Tyastiari, N. M. O., Yuniarta, G. A., & Wahyuni, M. A. (2017). Pengaruh Bystander Effect, Whistleblowing, Dan Perilaku Etis Terhadap Financial Statement Fraud (Studi Empiris Pada Kasus Fraud Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Gianyar). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Vol 8 (2).

Utama, I. G. P., & Yuniarta, I. G. A. (2020). Pengaruh Ineffective Monitoring, Komitmen Organisasi, Kultur Organisasi, dan Perilaku Tidak Etis Tterhadap Kecenderungan Kecurangan Pelaporan Keuangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, (2014).

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Yasa, I. K. A., & Sujana , E. . (2023). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Ineffective Monitoring, Dan Perilaku Tidak Etis Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pada Bumdes Se-Kecamatan Sawan. Jurnal Akuntansi Profesi, 14(01), 70–82. https://doi.org/10.23887/jap.v14i01.43137

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>