Pengaruh Tingkat Pendidikan Pengelola Keuangan, Transformasi Digital, dan Budget Emphasis Terhadap Penerapan Prinsip Good School Governance (GSG) Dalam Pengelolaan Dana BOS

Authors

  • Ni Made Yuli Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Arie Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v15i03.52603

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan pengelola keuangan, transformasi digital dan budget emphasis terhadap penerapan prinsip Good School Governance (GSG) dalam pengelolaan dana BOS. Populasi pada penelitian ini seluruh SMP yang ada di Kabupaten Tabanan sebanyak 39 SMP dengan jumlah tenaga kependidikan 1.739 orang. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan metode penarikan sampel yang ditentukan, maka sampel yang digunakan sebagai responden dalam penelitian ini sebanyak 156 orang terdiri dari kepala sekolah, bendahara BOS,operator sekolah, dan seorang perwakilan komite. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden yang telah ditetapkan sebagai sampel penelitian. Data sekunder diperoleh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan penggunaan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat pendidikan pengelola keuangan, transformasi digital, dan budget emphasis berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan prinsip Good School Governance (GSG) dalam pengelolaan dana BOS.

Kata Kunci: tingkat pendidikan pengelola keuangan, transformasi digital, budget emphasis, Good School Governance (GSG.

 

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Yuli Wahyuni, N. M., & Wahyuni, M. A. . (2024). Pengaruh Tingkat Pendidikan Pengelola Keuangan, Transformasi Digital, dan Budget Emphasis Terhadap Penerapan Prinsip Good School Governance (GSG) Dalam Pengelolaan Dana BOS. Jurnal Akuntansi Profesi, 15(03), 524–536. https://doi.org/10.23887/jap.v15i03.52603

Most read articles by the same author(s)