Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Penggunaan Informasi Akuntansi dan Promosi terhadap Keberhasilan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Buleleng
DOI:
https://doi.org/10.23887/jap.v13i3.36786Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik wirausaha, penggunaan informasi akuntansi dan promosi terhadap keberhasilan UMKM di Kecamatan Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM di Kecamatan Buleleng sebanyak 565 UMKM, dengan jumlah responden sebanyak 234. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni berdasarkan kriteria tertentu. Jenis data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dengan menyebarkan kuesioner secara online dan offline kepada responden yaitu pelaku UMKM di Kecamatan Buleleng. Pengukuran data menggunakan skala likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, serta uji hipotesis yang menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 24.0. Adapun hasil penelitian ini adalah secara parsial, variabel karakteristik wirausaha, penggunaan informasi akuntansi dan promosi berpengaruh terhadap keberhasilan UMKM di Kecamatan Buleleng
References
Apriliani, M. F., & Widiyanto. (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Tenaga Kerja terhadap Keberhasilan UMKM Batik. 7(2), 761–776.
Ardiana, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Industri Kecil Dan Menengah Berbasis Industri Kreatif Di Kabupaten Magelang (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).
Atmaja, I, Purnamawati, I. G. A, dan Sujana, Edy. (2020). Pengaruh Modal Sosial, Modal Manusia, Biaya Transaksi Terhadap Kesuksesan UMKM Industri Seni Lukisan Di Kabupaten Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 11 No:3
Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Januartini, K. E., Purnamawati, I. G. A., Herawati, N. T., & AK, S. (2016). Faktor-Faktor Strategi Pemasaran Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Dan Keputusan Pembelian Oleh Konsumen. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 5(2).
Kemetrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. “Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (Covid-19)”, hal. 11
Munawarah, M., Subhan, S., & Usdeldi, U. (2018). Pengaruh Modal, Produk Dan Promosi Dalam Meningkatkan Keberhasilan Unit Usaha Menengah (Ukm) Kerupuk Ikan Di Kecamatan Danau Teluk (Kota Jambi) (Skripsi, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Munif, Ahmad. (2018). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi, Pelatihan Akuntansi Dan Modal Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Dan Menengah (Studi Empiris pada Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Temanggung).
Petri, M. M., Majid, N., & Addiarrahman, A. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi UMKM Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi) (Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Rahmawaty, A. (2019).Model Empiris Minat Entrepreneurship Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior.Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 7 No.1
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV
Suryana. (2003). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.