Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, dan Norma Subjektif, Terhadap Minat Penggunaan E-Money Pada Aplikasi OVO

Authors

  • Kadek Kristina Damayanti
  • I Putu Julianto

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v15i03.43761

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kemudahan, kepercayaan, dan norma subjektif terhadap minat penggunakan e-money pada apikasi OVO. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berupa data primer yang didapatkan dari kuesioner dengan bantuan media google form dan diukur menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling aksidental. Dengan menggunakan 100 responden yang merupakan masyarakat Kota Singaraja yang pernah atau menggunakan OVO sebagai media pembayaran. Metode yang digunakan dalam mengalisis data yaitu analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS. 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  persepsi kemudahan, kepercayaan, dan norna subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-money pada aplikasi  OVO di Kota Singaraja.

Kata kunci: Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Norma Subjektif, dan Minat.

References

Adiyanti, Arsita Ika dan M. Pudjihardjo 2015. Pengaruh pendapatan, manfaat, kemudahan penggunaan, daya tarik promosi, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan layanan e-money (studi kasus: mahasiswa universitas brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB (Jimfeb). Vol 3, No 1

Bank Indonesia. Statistik Sistem Pembayaran (SSP). https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/ssp/uang-elektronik-jumlah.aspx .

Davis, Fred D., dkk. 1989. User Acceptance of Computer Technology: A Comparisond of two theoretical models. Management Science. Vol. 35 No. 8 pp.982-1003.

Dewi, Luh Gede Kusuma, Nyoman Trisna Herawati, dan I Made Pradana Adiputra. (2021). Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Dimediasi Kontrol Diri. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Akreditasi No. 32a/E/KPT/2017. Vol 5. No 1. https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/view/4669/541 (Diakses 07 Juni 2021)

Hasibuan, Ibnu Afi. 2020. Pengaruh Tingkat Pemahaman E-Money Dan Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Masyarakat Pemilik Ovo Di Medan). Program Studi Ekonomi Islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Negeri Islam Sumatera Utara Medan.

Jogiyanto HM. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta : Andi Offset.

Sari, Dewi Julita. 2019. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Bsm Mobile Banking. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri(Iain) Bengkulu.

Malia, Nur. 2020. Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Manfaat Penggunaan Aplikasi OVO Terhadap Kepuasan Konsumen (Studikasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Kampus Palembang). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Sriwijaya Fakultas Ekonomi Palembang.

Pratiwi, Erni Dwi. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Instagram Dengan The Theory of Reasoned Action Menggunakan Amos 21. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. Vol. II, No. 1 Februari.

Rahayu, Rurie Wiedya. 2018. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Inovasi Teknologi Terhadap Aplikasi Go Pay Dari PT. Gojek Indonesia (Studi Pada Masyarakat di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta). Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Ramadhan Triwijanarko. 2018. Finance Setahun, Pengguna Ovo Tumbuh Lebih Dari 400%. Marketeers. https://www.marketeers.com/setahun-pengguna-ovo-tumbuh-lebih-dari-400/. (Diakses 19 Februari 2021).

Rhesmawati, Ni Luh. 2020. Bali diharapkan jadi pelopor transaksi non-tunai pariwisata. https://www.antaranews.com/berita/1533940/bali-diharapkan-jadi-pelopor-transaksi-non-tunai-pariwisata. (Diakses 20 Februari 2021).

Saraswati, Putu Diah Sintha. 2020. Determinan Minat Penggunaan E-Wallet OVO Pada Transportasi Online Grab. Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Ganesha.

Ramadhan Triwijanarko. 2018. Finance Setahun, Pengguna Ovo Tumbuh Lebih Dari 400%. Marketeers. https://www.marketeers.com/setahun-pengguna-ovo-tumbuh-lebih-dari-400/. (Diakses 19 Februari 2021).

Rhesmawati, Ni Luh. 2020. Bali diharapkan jadi pelopor transaksi non-tunai pariwisata. https://www.antaranews.com/berita/1533940/bali-diharapkan-jadi-pelopor-transaksi-non-tunai-pariwisata

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Vanesa, Ulva. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

Wulandari, Gita. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Kembali E-Money (Ovo, Dana, Go-Pay) Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Usu. Program Studi Strata 1 Manajemen Ekstensi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara Medan.

Ramadhan Triwijanarko. 2018. Finance Setahun, Pengguna Ovo Tumbuh Lebih Dari 400%. Marketeers. https://www.marketeers.com/setahun-pengguna-ovo-tumbuh-lebih-dari-400/. (Diakses 19 Februari 2021).

Rhesmawati, Ni Luh. 2020. Bali diharapkan jadi pelopor transaksi non-tunai pariwisata. https://www.antaranews.com/berita/1533940/bali-diharapkan-jadi-pelopor-transaksi-non-tunai-pariwisata. (Diakses 20 Februari 2021).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Damayanti, K. K., & Julianto, I. P. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, dan Norma Subjektif, Terhadap Minat Penggunaan E-Money Pada Aplikasi OVO. Jurnal Akuntansi Profesi, 15(03), 563–572. https://doi.org/10.23887/jap.v15i03.43761

Most read articles by the same author(s)