Pengaruh Potongan Harga, Pembayaran Non Tunai, dan Peningkatan Harga Jual pada Startup On Demand Terhadap Perolehan Laba Merchant

Penulis

  • Laode Adi Reza S1 Akuntansi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v11i1.26088

Abstrak

This study aims to determine the effect of price discounts, non-cash payments, and an increase in selling prices on startup on demand to merchant profitability. This research is a quantitative study using primary and secondary data whose measurements use a Likert scale. Data Test Equipment used in this study is to test data quality consisting of validity and reliability tests. After that, it uses assumption testing consisting of normality test, multicollinearity test and heteroscedasticity test. Testing the hypothesis used is the T test, F test and the coefficient of determination. Data were analyzed by multiple linear regression analysis methods. The results of this study indicate that discounted prices, non-cash payments and increased selling prices have a positive and significant effect on merchantt profitability. In this case it means that price discounts, non-cash payments, and increased selling prices have an important role in merchant profitability

Referensi

Adil, Rini. 2015. Pengaruh program diskon terhadap keputusan pembelian ( Study kasus pada Ramayana Bogor Trade Mall), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor

Bukhria. 2018. Pengaruh Penggunaan Modal Kerja Terhadap Omzet Penjualan Pada Apotek Wahdah Farma 01 Kota Makassar, Universitas Negeri Makassar

Chandra. 2014. Pengaruh Promosi, Potongan Harga, dan Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Perusahaan Ritel Alfamart. Universitas Negeri Semarang.Skripsi

Davis,F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. Vol 13

Fishbein, M, & Ajzen, I. 1975. Belief Attitude,Intention, and Behavior: An Indtroduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley

Purnamawati, I.G.A., dkk. 2016. Pengaruh Persepsi Kemudahan Pengguna, Kepercayaan, dan Resiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Banking Dalam Bertransaksi Pada UMKM di Kabupaten Badumg. JIMAT ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi ) Undiksha, Volume 4, Nomor 1.

Purnamawati, I.G.A., dkk. 2018. Analisis Komparasi Penentuan Harga Pokok Produksi Seni Kerajinan Lukisan Kaca Menggunakan Metode Tradisional Dengan Pendekatan Metode Full Costing Di Desa Nagasepaha, Kabupateng Buleleng, Bali. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, Volume 8, Nomor 2.

Purnamawati, I.G.A., dkk. 2019. Creative Industry And Opportunity In Export Market. International Journal of Social Science and Business, 3(2), (Hlmn.169-179).

Putri, Hendry. 2018. Pengaruh Sistem Transaksi Non Tunai Terhadap Tingkat Konsumsi Masyarakat Surabaya. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Surabaya. Skripsi

Rifqy. 2018. Eksistensi Pembayaran Non Tunai Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Jurnal IAIN Ponorogo.Vol 3. No 1.

Sigit, Suhardi, 2008. Pemasaran Praktis Edisi Ketiga. Yogyakarta : BPFE

Startupranking, 2019. Top Indonesia. https://www.startupranking.com/top/indonesia diakses pada tanggal 10 oktober 2019.

Syarif. 2018. Eksistensi Transportasi Online (Go Food) Terhadap Omzet Bisnis Kuliner di Kota Malang. Jurnal UNMER Malang.

Teguh. 2019. Analisis Layanan Go-Food Dalam Meningkatkan Laba Pada Rumah Makan di Banjarmasin. Jurnal AI-Kalam. Vol 6. No 1

Wijaya,Candra. 2005. Riset Keuangan: Pengujian-pengujian Empiris. Jakarta

Wiradinata. 2018. Intensi UMKM Dalam Adopsi Financial Technology di Jawa Timur. Universitas Bunda Mulia. Skripsi

Yuliasari dkk. 2019. Analisis penerapan potongan harga terhadap tingkat penjualan pada PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Menado Selatan. Universitas Sam Ratulangi Manado

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

Reza, L. A., & Sulindawati, N. L. G. E. (2020). Pengaruh Potongan Harga, Pembayaran Non Tunai, dan Peningkatan Harga Jual pada Startup On Demand Terhadap Perolehan Laba Merchant. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 126–136. https://doi.org/10.23887/jap.v11i1.26088

Terbitan

Bagian

Articles