PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN: PENGUJIAN EFEK MODERASI KEPEMILIKAN KELUARGA

Penulis

  • Tabita Aszola Pinata Universitas Kristen Satya Wacana
  • Ari Budi Kristanto Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v11i2.29497

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari manajemen laba terhadap reputasi perusahaan yang dimoderasi oleh kepemilikan keluarga. Populasi yang digunakan merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar dan melaporkan laporan keuangan secara konsisten pada BEI tahun 2016 sampai dengan 2018 dan diperoleh 81 sampel perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan model yang digunakan adalah regresi panel. Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik dan diolah menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 22. Manajemen laba pada penelitian ini dihitung menggunakan model dari Modified Jones Model, sedangkan untuk reputasi perusahaan dilihat dari Corporate Image Award. Berdasarkan hasil dari penelitian ditemukan bahwa terdapat hubungan signifikan negatif dari manajemen laba terhadap reputasi perusahaan dengan nilai sebesar 0,004 < 0,05. Manajemen laba dapat mempengaruhi reputasi perusahaan melalui kepercayaan pasar dan investor pada perusahaan. Kepemilikan keluarga tidak dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada hubungan kedua variabel tersebut, yang berarti kepemilikan keluarga adalah variabel moderasi potensial.

Kata kunci: Manajemen Laba, Reputasi Perusahaan, Kepemilikan Keluarga

Diterbitkan

2020-11-15

Cara Mengutip

Pinata, T. A., & Kristanto, A. B. (2020). PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN: PENGUJIAN EFEK MODERASI KEPEMILIKAN KELUARGA. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(2), 192–202. https://doi.org/10.23887/jap.v11i2.29497

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama