PENGARUH STRATEGI BISNIS TERHADAP MANAJEMEN LABA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jap.v11i2.30221Abstrak
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bisnis terhadap manajemen laba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan informasi keuangan yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di BEI. Adapun sejumlah 12 sampel terpilih dengan metode purposive sampling berdasarkan kriteria: (1) terdaftar secara berturut-turut dari tahun 2016-2019, (2) memiliki data lengkap untuk dipakai dalam penelitian. Strategi bisnis perusahaan diukur dengan pendekatan Banker et al (2011) untuk mengidentifikasi implementasi strategi kepemimpinan biaya dan diferensiasi. Adapun manajemen laba diukur dengan biaya produksi abnormal, arus kas abnormal dan pengeluaran diskresioner abnormal. Metode analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan yang menerapkan strategi kepemimpinan biaya memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk melibatkan manajemen laba dibandingkan dengan perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi. Bedasarkan hal ini, investor sebaiknya memperhatikan kebijakan strategi bisnis suatu perusahaan untuk mendeteksi kemungkinan tindakan manajemen laba.
Kata kunci : Strategi Bisnis, Strategi Diferensiasi, Strategi Kepemimpinan Biaya, Manajemen laba
Referensi
Adiwibowo, A. S., & Brigita, W. (2017). Pengaruh Strategi Tingkat Bisnis, Persaingan Pasar, Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba, 6(4), 1–13.
Banker, R. D., Hu, N., Pavlou, P. A., & Luftman, J. (2011). Reporting Structure, Strategic Positioning, and Firm Performance, 35(2), 487–504.
Bentley, K. A., Omer, T. C., & Sharp, N. Y. (2013). Business strategy, financial reporting irregularities, and audit effort. Contemporary Accounting Research, 30(2), 780–817. https://doi.org/10.1111/j.1911-3846.2012.01174.x
Callao, S., Jarne, J. I., & Wróblewski, D. (2014). International cooperation The development of earnings management research, (December 2014). https://doi.org/10.5604/16414381.1133395
CNBC Indonesia. (2019). Industri Manufaktur Dibayangi Persaingan Produk Impor. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/market/20190712100341-19-84414/industri-manufaktur-dibayangi-persaingan-produk-impor
CNN. (2019). China Gempur Industri Tekstil dan Alas Kaki Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190904113602-92-427400/china-gempur-industri-tekstil-dan-alas-kaki-indonesia
Cohen, D. A., Dey, A., & Lys, T. Z. (2008). Real and Accrual-Based Earnings Management in the Pre- and Post-Sarbanes-Oxley Periods, 83(3), 757–787.
Cohen, D. A., & Zarowin, P. (2010). Accrual-based and real earnings management activities around seasoned equity offerings. Journal of Accounting and Economics, 50(1), 2–19. https://doi.org/10.1016/j.jacceco.2010.01.002
Firmansyah, A., & Irawan, F. (2018). Adopsi ifrs, Manajemen Laba Akrual dan Manajemen Laba Riil, 81–94.
Houqe, M. N., Kerr, R., & Monem, R. (2013). Business Strategy and CRM, (92).
Kald, M. (2003). Strategic positioning: a study of the Nordic paper and pulp industry. Strategic Change, 12(6), 329–343. https://doi.org/10.1002/jsc.643
Karuna, C. (2012). Industry Product Market Competition and Earnings Management, (713).
Karuna, C., Subramanyam, K. R., & Tian, F. (2015). Competition and Earnings Management, (213).
Kim, J., & Charlie, B. (2013). Public Policy Real earnings management and cost of capital. https://doi.org/10.1016/j.jaccpubpol.2013.08.002
Rossieta, H. (2019). CEO Overconfidence, Business Strategy, and Earnings Management, 16(1), 18–35.
Wu, P., Gao, L., & Gu, T. (2015). Business strategy, market competition and earnings management: Evidence from China.
Zang, A. Y. (2012). Evidence on the Trade-Off between Real Activities Manipulation and Accrual-Based Earnings Management, 87(2), 675–703. https://doi.org/10.2308/accr-10196