PENGARUH PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Penulis

  • Adriana Gita Candra Ganesha University Of Education
  • Wayan Cipta Universitas Pendidikan Ganesha

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) profitabilitas dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan, (2) profitabilitas terhadap nilai perusahaan, dan (3) pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, dan objeknya adalah profitabilitas, pengungkapan CSR dan nilai perusahaan. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profitabilitas dan pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (3) pengungkapan CSR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kata kunci: profitabilitas, pengungkapan CSR, nilai perusahaan

 

Abstract

This study was aimed to examine the impact of (1) profitability and disclosure CSR toward company value, (2) profitability toward company value, (3) disclosure CSR toward company value. The design of the study was causal quantitative research. The subject of the study was mining company that was registered on BEI, and its object was profitability, disclosure CSR and company value. The data was collected by document recording and analyzed by multiple linear regression analysis. The result of the study showed that (1) profitability and disclosure CSR significantly effect toward company value, (2) profitability had significantly positive effect toward company value, and (3) disclosure CSR had significantly positive effect toward company value.

 

Key words: profitability, disclosure CSR, company value.

Biografi Penulis

Adriana Gita Candra, Ganesha University Of Education

Manajemen department

Referensi

Aulia, Alma Nur, dkk. 2020. “Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, Volume 6, Nomor 1.

Ardimas, Wahyu, & Wardoyo, W. 2015. “ Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Go Public yang Terdaftar di BEI”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Manajemen, Universitas Gunadarma.

Brigham, E.F. dan Houston, J.F. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia. Statistic Indonesia Stock Exchange (IDX) Terdapat di http://www.idx.co.id

Deegan. Craig. Michaela, Rankin. & John, Tobin. 2002. An Examination of the Corporate Social and Environmental Disclosure BHP from 1983-1997 a Test of Legitimacy Theory. Accounting, Auditing and Acountability. Volume 15, Nomor 3.

Dewi, Kadek Ria Citra, & I, Gede Sanica. 2017. “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 2, Nomor 1 (hlm.231-246).

Fauziah, Gusfarini, Irwanto, & Muhammad, Syamsun. 2016. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Indeks Saham LQ45”. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, Volume 11, Nomor 1 (hlm.52-60).

Gray, R.H. Owen, D. and Adam, C. 1996. Accounting and Accountability. Hemel Hempstead: Prentics Hall.

Gujarati, Damodar N. 2004. Dasar-Dasar Ekonometrika Jilid I Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Haruman, Tendi. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan Dan Nilai Perusahaan. Pontianak: Simposium Nasional

Husnan, Ahmad & Sugeng, Pamudji. 2013. “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR Disclosure) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan”. (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Indriyani, Eka. 2017. “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan”. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, Volume 10, Nomor 2 (hlm.333-348).

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. 1976. Theory of the firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of financial economics, 3: 305-360

Joesmana, Windy Amadhea. 2017. “Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI 2013-2015),” Jurnal Akuntansi Keuangan.

Kasmir. 2015. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Dudi & Nur Indriantoro. 2000. Corporate Governance in Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Volume 7, Nomor 2.

Lako, Andreas. 2011. Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Marius, Maureen Erna & Indah, Masri. 2017. “Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan”. Konferensi Ilmiah Akuntansi IV, Volume 1, Nomor 2 (hlm.1-22).

Nor, Hadi. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Parengkuan, Winnie Eveline. 2017. “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Melalui Pojok Bursa FEB–UNSRAT”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Volume 5, Nomor 2.

Putra, AA Ngurah Dharma Adi & Putu, Vivi Lestari. 2016. “Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan”. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Volume 5, Nomor 7.

Rudangga, I Gusti Ngurah Gede. 2016. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan”. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Volume 5, Nomor 7.

Rosdwianti, Mega Karunia, dkk 2016. “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan”. (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 38, Nomor 2 (hlm.16-22).

Sari, Putri Yanindha. & Danies, Priantinah. 2018. “Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015”. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, Volume 7, Nomor 1 (hlm.111-125).

Saridewi, Sisca Pradnyamita. Putu, Agus Jana Susila. & Yudiatmaja Fridayana. 2016. “Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Manajemen Indonesia, Volume 4, Nomor 1.

Siamat, Dahlan, 2004. Manajemen Lembaga Keuangan. Edisi Keempat. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Bandung: PT Alfabeta.

Sofiamira, Noni Aisyah. & Nadia, Asandimitra. 2017. “Capital Expenditure, Leverage, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility: Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Volume 20, Nomor 2 (hlm.191-214).

Stacia, Evelyn. & Juniarti, Juniarti Juniarti. 2016. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan”. Business Accounting Review, Volume 4, Nomor 1 (hlm.81-90).

Van Horne, J. C., & Wachowicz, J. M. 2005. Fundamentals of Financia: Management Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Penerjemah: Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Wiagustini, Ni Luh Putu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Denpasar: Udayana University.

White, Gerald. I, Sondhi, A. C, & Fried, D. 2002. The Analysis and Use of Financial Statements. John Wiley & Sons.

Diterbitkan

2022-05-11

Cara Mengutip

Candra, A. G., & Wayan Cipta. (2022). PENGARUH PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(1), 71–81. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JAP/article/view/32529

Terbitan

Bagian

Articles