Pengaruh Edukasi Investasi, Return, Persepsi Harga, Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal
DOI:
https://doi.org/10.23887/jap.v13i02.37141Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari edukasi investasi, return, persepsi harga, dan motivasi investasi terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dengan kuesioner dengan populasi mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha prodi S1 Akuntansi semester 6 serta 8 dan Manajemen semester 8. Pemilihan sampel dibantu dengan menggunakan rumus Slovin sehingga menghasilkan 90 mahasiswa menjadi sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu edukasi investasi, return, persepsi harga, dan motivasi investasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) edukasi investasi tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal, (2) return tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal, (3) persepsi harga berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal, dan (4) motivasi investasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal.
Keywords: edukasi investasi, return, persepsi harga, motivasi investasi, minat berinvestasi